Bagaimana Cara Menentukan DPD Terpilih?

Bagaimana Cara Menentukan DPD Terpilih?

SHNet, JAKARTA – Selain memilih anggota DPR, DPRD Pripinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan pemilu presiden-wakil presiden, pemilu serentak tahun 2019 juga memilih DPD (Dewan Perwakilan Daerah). Pemilu tahun 2019 akan menjadi pemilu keempat untuk memilih anggota lembaga tersebut.

Calon anggota DPDterpilih hanya empat orang dari tiap propinsi yang diambil dari empat orang peraih suara terbanyak. Namun, bagaimana kalau dalam perhitungan suara, peraih suara keempat terdapat lebih dari satu orang?

Pasal 423 ayat (2) UU No 7 Tahun 2017 mengatur bahwa jika kasus seperti itu terjadi, penetapan calon terpilih adalah calon yang memiliki sebaran suara lebih merata di setiap kabupaten/kota dalam propinsi tersebut. Kasus seperti ini memang belum pernah terjadi dalam tiga kali pemilu sebelumnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menetapkan calon anggota DPD terpilih dilakukan setelah penetapan perolehan suara partai politik (parpol) peserta pemilu. Calon terpilih akan mendapat pemberitahuan secara tertulis dari KPU, yakni calon dengan perolahan suara pertama, kedua, ketiga, keempat dan seterusnya.

Jika terjadi pergantian antara waktu karena alasan yang sesuai dengan undang-undang, yang berhak mendapat kursi adalah periah jumlah suara berikutnya. (IJ)