Amnesti Internasional Bikin Isu Soal Tapol Di Indonesia

Amnesti Internasional Bikin Isu Soal Tapol Di Indonesia

Jakarta, 11 November 1972 – Amnesti Internasional di Jerman Barat baru-baru ini melancarkan kritik yang tidak benar menyangkut tahanan politik di Indonesia, demikian pembantu SH di Koein.

Dikatakan, bahwa melalui surat selebaran yang dibagikan kepada masyarakat umum di kota Koein, Republik Federasi Jerman, Amnesti Internasional itu memintakan perhatian khalayak ramai mengenai nasib tahanan politik diperbagai negara di dunia, yang oleh Amnesti ini dikatakan sebagai mendapat perlakuan yang buruk.

Labih jauh Amnesti Internasional itu mengungkapkan, bahwa penguasa di berbagai negara di dunia dimana terdapat tahanan politik, telah memperlakukan tahanan politik tanpa memperhitungkan prikemanusian.

Khusus terhadap tahanan perang Indonesia, Amnesti Internasional itu mengatakan : “para tahanan politik di Indonesia ditembak mati, karena kepada mereka tidak dapat diberi makan lagi” (Wussten Sie, dasa politische Gefangene in Indonesien erschorssen werden, wenn sie night mehr arnaehrt werden koennen ?).

Selain melalui surat selembaran pada beberapa tempat yang strategis dan ramai, juga dipamerkan gambar dari mereka yang ditahan diberbagai negara serta tindakan yang diambil oleh para penguasa di negara tersebut.

Tetapi mengenai para tahanan politik di Indoneisia hanya dipaparkan dalam surat selembaran.
Ketika ditanya para muda-mudi yang turut menyebarkan surat selemabaran itu mengatakan, bahwa apa yang digambarkan itu memang betul terjadi, demikian koresponden “SH”. (SH)