50% Penderita Jantung Mewarisi dari Keluarga

50% Penderita Jantung Mewarisi dari Keluarga

Talk show “Mencegah Risiko Jantung Koroner dengan Pola Hidup Sehat”, di RS Siloam Manado. (Ist)

SHNet, Jakarta- Resiko penyakit jantung lebih besar kemungkinan dialami masyarakat yang memiliki riwayat dari keluarga pengidap sakit jantung, perokok, hipertensi dan diabetes.

“Sesuai hasil penelitian, 50% penderita jantung mewarisi dari keluarga. Apabila ada salah satu keluarga yang mengidap sakit jantung, sebaiknya sejak dini menjaga pola hidup sehat dan mengurangi konsumsi makanan atau kebiasaan buruk yang berisiko terhadap kinerja organ jantung,” papar Dokter Spesialis Jantung dari RS Siloam Manado, Marsel Luntungan dalam talk show “Mencegah Risiko Jantung Koroner dengan Pola Hidup Sehat”, kemarin.

Acara tersebut mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat Manado. Ratusan peserta hadir memenuhi loby rumah sakit. Bahkan diskusi dan tanya jawab tak akan selesai jika tak dibatasi waktu oleh moderator.

Guna menambah infromasi akan pola hidup sehat, pihak Siloam Manado pun menghadirkan ahli gizi dari Jakarta, Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman.

Dalam kesempatannya, Prof. Ahmad Sulaeman memaparkan akan pentingnya pola makanan berserat dan membatasi jumlah makanan yang berkadar kolesterol tinggi. Tidak lupa, aktivitas olahraga yang teratur dan cukup minum air mineral pun disampaikan ahli gizi tersebut.

Diana Kawatu, CEO RS Siloam Manado mengaku senang dan sedikit terkejut. Diana menjelaskan akan kegiatan sosialisasi kesehatan yang dilakukan Siloam Manado kepada masyarakat Kota Manado, rutin dilakukan oleh pihaknya setiap bulan.

“Ini upaya kami sebagai pelayanan kesehatan yaitu rutin menyampaikan informasi sehat kepada masyarakat agar informasi yang disampaikan tepat sasaran dan sampai kepada yang memerlukan informasi seputar kesehatan,” pungkas Diana Kawatu.(Stevani Elisabeth)