Survei Polmark : Anies Kalah Jauh, Jokowi Diharapkan Pimpin Dua Periode

Survei Polmark : Anies Kalah Jauh, Jokowi Diharapkan Pimpin Dua Periode

Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Ist

SHNet, Jakarta – Survei yang dilakukan Polmark Indonesia menunjukkan elektabilitas Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menempati posisi tertinggi jika dibandingkan nama-nama lainnya.Prabowo masih membayangi Jokowi diurutan kedua, sedangkan Gubernur DKI Anies Baswedan sangat jauh di bawah Prabowo.

Jokowi dipilih 41,1 persen, sedangkan Prabowo Subianto 21,0 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 2,9 persen, Anies Rasyid Baswedan 2,2 persen, Hari Tanoesoedibyo 2,0 persen, Gatot Nurmantyo 2,0 persen, Jusuf Kalla 1,9 persen, Megawati 1,1 persen,Rhoma Irama 1 persen, dan beberapa nama lainnya seperti Mahfud MD, Zulkifli Hasan, Muhaimin Iskandar di bawah 1 persen.

Dari sisi kemantapan, 46,1 persen responden menyebutkan sudah mantap akan pilihannya, 32,3 persen masih berubah dan 21,6 persen tidak tahu. Responden juga menginginkan Jokowi kembali menjadi presiden dua periode. Dia didukung 44,3 persen suara responden. Sebanyak 32,4 persen tidak menginginkan Jokowi memimpin dua periode. Adapun 23,2 persen tidak tahu.

Alasan responden memilih kembali Jokowi karena kinerjanya terbukti, merakyat, jujur, tanggung jawab, melanjutkan program kerja sebelumnya, baik, ramah, berwibawa dan tegas. Sementara itu, responden yang tidak menginginkan kembali Jokowi karena alasan butuh pemimpin baru, kurang tegas, belum ada perubahan, perekonomian masyarakat buruk, dan percaya Prabowo.

Polmark adalah lembaga survei yang dipimpin Eep Saefullah Fatah. Wawancara atas survei tersebut dilakukan pada 9 – 20 September 2017. Populasi survei ini adalah WNI yang berdomisili di seluruh Indonesia, dan telah mempunyai hak pilih, yakni berusia 17 tahun ke atas atau yang sudah menikah ketika dilakukan survei ini. (TH)