Presiden Jokowi Concern Akses Wisman ke Danau Toba

Presiden Jokowi Concern Akses Wisman ke Danau Toba

Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan Bandara Silangit , Sumatera Utara menjadi bandara internasional, Sabtu (14/10). (Dok. Humas Kementerian Pariwisata)

SHNet, Tapanuli Utara – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat concern dengan Akses ke destinasi wisata Danau Toba. Satu dari 10 Bali Baru yang terus dipromosikan Menpar Arief Yahya di berbagai penjuru dunia. Akses juga merupakan critical buat pengembangan daerah wisata, selain Amenitas dan Atraksi, dalam rumus 3A.

Sebelum meresmikan Bandara Internasional Silangit di Kecamatan Siborong Borong, Kabupaten Tapanuli Utara-Sumatra Utara, Presiden Jokowi meninjau kesiapannya. Tiba dengan 3 unit Pesawat Helikopter, HT 3204 (RI -1), HT 7204 rombongan, HT 7206 rombongan presiden pun melakukan peninjauan, Sabtu (14 /10) pukul 13.55 WIB.

Joko Widodo bersama rombongan sampai di Bandara Silangit langsung menuju lokasi wisata Danau Toba. Persisnya di Desa Hutaginjang, Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara, didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Dirut Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Gubernur Sumatera Utara Tengku Ery Nuradi, Marsda TNI Trisno Hendradi, Sekretaris Militer Presiden, Pangdam I/Bukit Barisan dan Kapolda Sumatera Utara.

Juga didampingi Nikson Nababan Bupati Tapanuli Utara, Dosmar Banjarnahor Bupati Humbang Hasundutan, Darwin Siagian Bupati Tobasamosir, Rapidin Simbolon Bupati Samosir dan rombongan lainya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengungkapkan kekagumannya akan atraksi keindahan Danau Toba dan kerukunan kepala daerah dalam hal membangun daerah tersebut.

“Daerah ini sangat indah, tinggal memoles dan mempromosikan, keindahan tersebut bukan hanya di Hutaginjang melainkan di semua titik perairan Danau Toba. Sedangkan infrastruktur jalan akan diperbaiki secara bertahap, jika tidak saya yang akan memperbaikinya,” ujar Presiden Jokowi.

Lebih lanjut Presiden mengatakan, saat Bandara Internasional Silangit diresmikan akhir bulan Oktober nanti, akan ada langsung penerbangan Silangit-Singapura.
“Saya akan hadir dan meresmikan Bandara Silangit nantinya. Saya juga ingin menyaksikan langsung penerbangan internasional Silangit-Singapura,” ucapnya.

Presiden Jokowi kembali mengungkit nama baru yang akan digunakan untuk Bandara Silangit. Ia mengaku telah menerima usulan nama, namun akan dibahas terkait usulan nama bandara tersebut, diakuinya bandara Silangit diusulkan menjadi bandara Sisingamangaraja.

Menteri Pariwisata Arief Yahya berterima kasih atas komitmen besar presiden dalam membangun 3A itu. Terutama akses menuju destinasi prioritas itu. Menurut dia, dengan beroperasinya penerbangan rute internasional di bandara Silangit, diharapkan bisa menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Silangit dan juga berwisata ke Danau Toba.

“Saya optimis jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Danau Toba akan jauh lebih banyak lagi setelah Bandara Silangit menjadi bandara internasional,” tutur Menpar Arief Yahya. Karena 3A itu memang menjadi syarat sebuah destinasi berkembang.

Dia berujar, dikembangkannya Bandara Silangit menjadi Bandara Internasional disambut baik oleh masyarakat sekitar. Pasalnya Bandara Silangit telah mampu menumbuhkan semangat usaha dari masyarakat. Hal ini dilihat banyaknya rumah makan yang ada di sekitar bandara.

“Berkat Bandara Silangit, tumbuh rumah makan yang bagus dan inovatif. Ini menunjukkan ada suatu kegairahan masyarakat yang menyambut adanya Bandara Silangit,” pungkas Menpar Arief Yahya.(Stevani Elisabeth)