Polda Metro Jaya Amankan 15 Orang Pelaku Perusakan Kantor Kemendagri

Polda Metro Jaya Amankan 15 Orang Pelaku Perusakan Kantor Kemendagri

Foto: Ilustrasi

SHNet, Jakarta – Aksi unjuk rasa di depan Gedung Kementerian Dalam Negeri, Gambir, Jakarta Pusat, menimbulkan kericuhan.

Kericuhan berlangsung sekira pukul 15.00 WIB dan tidak berlangsung lama.
Pengunjuk rasa dari Barisan Merah Putih Tolikara melakukan penyerangan dan melakukan aksi lempar batu dan perusakan sejumlah bagian di Gedung Kemendagri.

Diduga mereka adalah pendukung salah seorang calon Bupati Kabupaten Tolikara, Papua di Pilkada 2017.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menguatkan soal kericuhan di depan Kantor Mendagri itu, Kombes Pol Nico Afinta menngkonfirmasi sebanyak 170 orang membuat kericuhan di depan Kemendagri terkait sengketa Pilkada 2017 di Tolikara, Papua.

“170 orang membuat kericuhan, 15 orang sudah kita amankan, sementara semuanya pelaku,” kata Nico Alfinta, Rabu (11/10).

Menurutnya, para pelaku melemparkan batu kedalam gedung Kemendagri sehingga menyebabkan fasilitas gedung seperti komputer, kaca dan lainnya hancur oleh amuk massa.

“kantor rusak, kaca pecah, beberapa komputer, setelah itu tim gabungan Polres Jakarta Pusat dan Polda Metro Jaya melakukan penyisiran,” kata Nico.

Hingga saat ini, menurut Nico belum diketahui terkiat korban jiwa dari peristiwa kericuhan itu.

“Ya kalau kena lemparan batu orangnya masih kami cek, jadi korban persilahkan datang ke kantor. Kalau ada wartawan jadi korban silakan juga ke kantor,” kata Nico.

Saat ini para pelaku sudah dibawa ke Polda Metro Jaya untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. “Sementara semua pelaku, semuanya masih pemeriksaan,” tandasnya.

Kepala Bagian Operasional Polres Metro Jakarta Pusat, Ajun Komisaris Besar Polisi Asfuri membenarkan adanya keributan disana.

“Iya sempat ada lempar-lemparan batu tadi,” ujar dia saat dikonfirmasi wartawan.