Peneliti di MIT Buat Robot Pejalan Kaki yang Sopan

Peneliti di MIT Buat Robot Pejalan Kaki yang Sopan

interestingengineering.com

SHNet, Vancover – Sebuah robot cerdas baru telah dikembangkan untuk memiliki perpaduan mobilitas dan keramahan seperti figur robot di film Star Wars, yakni R2-D2 dan juga C-3PO .

Bot setinggi lutut yang berjalan sendiri ini dibentuk untuk mematuhi program protokol sosial saat ia berjalan di area pejalan kaki, seperti tetap berjalan di sisi kanan, lewat kiri, dan juga menghormati wilayah pribadi orang lain.

Mesin ini dipresentasikan pada Konferensi Internasional IEEE / RSJ dalam ajang Intelligent Robots and Systems di Vancouver pada 25 September untuk membuka jalan bagi robot-robot agar suatu saat bisa menavigasi trotoar yang mempermudah kita melakukan pengiriman atau mengantar orang di lorong rumah sakit.

Pemrograman pada robot berjalan yang sopan berbeda dengan merancang mobil self-driving, kata Michael Everett, seorang insinyur mekanik di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Berbeda dengan aturan jalan yang kaku, “peraturan yang diikuti manusia saat berjalan di sekitarnya cukup longgar,”ujar Everett. “Membangun bot yang ringan dengan roda berjalan di antara para individu yang ada pada jalur yang sangat tidak terduga adalah “masalah yang sama sekali berbeda,” katanya. .

Everett dan rekannya awalnya merancang mesin ‘mobil remote’ mereka dengan Webcam yang disertai sensor kedalaman, lalu mengajarkan bot tersebut bagaimana berperilaku dengan menjalankannya melalui ribuan skenario simulasi. Setelah beberapa jam berlatih, robot kemudian bisa meluncur dengan kecepatan rendah menyusuri lorong yang sibuk tanpa tersandung siapa pun di dekatnya.

Suatu hari nanti, saat robot yang bertingkah layaknya manusia (droid) berada di antara kita, mereka mungkin akan menjadi pejalan kaki yang sopan. (HNP)