Penahanan Sutradara Kirill Serebrennikov Diperpanjang

Penahanan Sutradara Kirill Serebrennikov Diperpanjang

Kirill Serebrennikov (Ist)

SHNet, MOSCOW – Pengadilan Negeri Basmanny di Kota Moskow pada hari Selasa memperpanjang otorisasi penangkapan rumah untuk produser teater Kirill Serebrennikov yang dituduh menggelapkan dana yang dialokasikan untuk sebuah proyek teater.

“Pengadilan memutuskan untuk menjawab sebuah petisi oleh jaksa dan untuk memperpanjang otorisasi penangkapan rumah untuk Serebrennikov selama tiga bulan, atau sampai tanggal 19 Januari 2018,” kata Hakim Artur Karpov sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Nasional Federasi Rusia, Telegrafnoie Agenstvo Sovietskavo Soyussa (TASS) Russian Agency, Rabu (18/10).

Dua orang lainnya pengadilan memperpanjang otorisasi penangkapan untuk adalah Nina Masliayeva, petugas akuntan utama lembaga nirlaba Sedmaya Studiya dan Yuri Intin, mantan direktur jenderal yang terakhir.

Pengadilan juga memutuskan untuk memperpanjang hak asuh untuk Alexei Malobrodsky, direktur jenderal Gogol Center di mana Serebrennikov adalah atasan artistik.

Pengadilan tersebut tidak membiarkan Serebrennikov pergi ke St Petersburg untuk menyelesaikan penembakan sebuah film tentang musisi rock Perestroika Viktor Tsoi atau untuk mengunjungi Bolshoi karena telah menyelesaikan produksi balet yang ditujukan untuk kehidupan Rudolf Nureyev.

“Pengadilan menolak permohonan banding dari pembelaan dan membiarkan pembatasan yang ditetapkan oleh contoh banding tidak diketahui,” kata Hakim Karpov. Tuduhan untuk Serebrennikov dikeluarkan berdasarkan Klausul 4 Pasal 159 KUHP Rusia yang mengeja hukuman atas penipuan berat.

Pada tahun 2011, direktur menyusun proyek Platforma untuk pengembangan dan pengumulan seni kontemporer. Kementerian Kebudayaan Rusia mengalokasikan 214 juta rubel [kira-kira $ 7.14 juta dengan nilai tukar rata-rata untuk periode yang disebutkan di sini] dari 2011 hingga 2014.

Untuk melaksanakan proyek tersebut, Serebrennikov mendirikan organisasi nirlaba Sedmaya Studiya independen di mana dia mengundang teman-teman dan kenalannya termasuk Malobrodsky, Intin dan Masliayeva tersebut.

Penyelidik menyarankan bahwa, berdasarkan petunjuk dari pihak Serebrennikov dan Intin, para eksekutif yang terlibat dalam proyek Platforma menghasilkan dokumentasi tentang kejadian yang mengandung data yang melebih-lebihkan jumlah dan biaya mereka. Mereka menyerahkan dokumen tersebut ke Kementerian Kebudayaan sebagai pembuktian alokasi anggaran.

Ini akan diikuti oleh laporan keuangan ke Kementerian di mana Sedmaya Studiya akan mengklaim telah menghabiskan dana sepenuhnya sesuai dengan rencana untuk acara. (Aju)