Netizen Pakai Batik Peringati Hari Batik Nasional

Netizen Pakai Batik Peringati Hari Batik Nasional

Dokumentasi: @Kemenperin_RI

SHNet, Jakarta – Tanggal 2 Oktober dikenal masyarakat dengan Hari Batik Nasional. Pada hari ini masyarakat dan netizen beramai-ramai mengenakan kemeja dan baju batik sebagai bentuk apresiasi kepada batik sebagai karya anak bangsa.

Netizen dan berbagai instansi membuat statemen dan komentar tentang Hari Batik Nasional. Misalnya, akun @Kemenperin_RI membuat cuitan  di twitter: Indonesia kaya akan budaya, salah satunya batik dengan beragam motif dan coraknya. Selamat Hari Batik Nasional. Yuk pakai batik 🙂

Nah, sekarang kita perlu tahu, bagaimana sih sejarah diperingatinya Hari batik Nasional ini?

Setelah melalui proses panjang bahkan sempat dicatut oleh negara lain, UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) akhirnya menetapkan budaya batik sebagai “Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi” (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) dari Indonesia pada 2 Oktober 2009.

Sejak saat itu mulailah batik diikutsertakan ke dalam nominasi UNESCO pada tanggal 3 September 2009 yang kemudian diakui sebagai “Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi” (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009.

UNESCO menilai batik Indonesia memiliki banyak simbol yang berkaitan erat dengan kebudayaan lokal, status sosial, alam dan sejarah. Batik merupakan identitas dan jati diri bangsa Indonesia yang telah ada sejak jaman nenek moyang. Sehingga batik tidak dapat dipisahkan dari masyarakat Indonesia.

Sejak itulah, setiap tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009. (Siti Rubaidah)