Kemenpar Punya 100 Event di Tahun 2018

Kemenpar Punya 100 Event di Tahun 2018

Deputi Bidang pengembangan pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuty saat menjadi pembicara di ngobrol@tempo, Kamis (26/10). (SHNet/stevani elisabeth)

SHNet, Jakarta- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memiliki 100 event di tahun 2018. Keseluruhan event tersebut dikemas dalam Wonderful Indonesia Calendar of Event 2018.

Deputi Bidang Pengembangan pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuty mengatakan, orang berwisata ke Indonesia karena ada perencanaan dan event.

“Daerah-daerah kita dorong untuk menyelenggarakan event yang menjadi daya tarik. Kemenpar memfasilitasinya dengan promosi,” ujarnya dalam Ngobrol@Tempo yang mengusung tema “Calender of Event untuk Memperkuat Branding Wonderful Indonesia”, di Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan, ada tiga jenis event yang bentuk dukungan yakni Wonderful/premier events, Cultural/promising events dan Almanak/potential events

Esthy memberikan contoh Jember Fashion Carnaval (JFC) yang masuk dalam jenis Wonderful. “Dalam event JFC, wisatawan mancanegara (Wisman) bisa menghabiskan uang sebesar US$1000- US$ 1200, sedangkan wisnus menghabiskan dana sebesar Rp900 ribu hingga Rp1,5 juta.

“Wisatawan biasanya menghabiskan uangnya untuk membeli souvenir, pakaian dan makanan,” kata Esthy.

Dia menambahkan, tantangan terberat masih soal infrastruktur, keamanan dan kebersihan. Dengan adanya perencanaan acara yang dimasukkan dalam Wonderful Indonesia Calender of Event 2018, diharapkan agenda kedatangan wisatawan menjadi lebih teratur sehingga dapat dipersiapkan dari sisi transportasi, akomodasi dan fasilitas lainnya. (Stevani Elisabeth)