Bawaslu Akan Awasi Pelaksanaan Verifikasi Partai Politik

Bawaslu Akan Awasi Pelaksanaan Verifikasi Partai Politik

Dokumentasi: Spirit Riau/ist

SHNet, Jakarta – Tahapan pendaftaran pemilu telah berakhir. 27 Partai Politik (parpol) telah terdaftar di KPU. Di mana, 10 parpol sudah diperiksa kelengkapan dokumentasi persyaratannya dan 17 parpol sedang dalam proses pemeriksaan kelengkapan dokumen persyaratan pendaftarannya.

Pasca pendaftaran parpol peserta pemilu, tahapan selanjutnya adalah verifikasi parpol yang jadwalnya mulai tanggal 17 Oktober s/d 17 Februari 2018.

Terkait pengawasan atas pelaksanaan verifikasi partai politik calon peserta pemilu, yang menjadi kewenangan Bawaslu diatur dalam Pasal 180 UU No.7/2017 tentang Pemilu.

Berikut adalah bunyi Pasal 180 UU No. 7/2017 adalah sebagai berikut:

  • (1) Bawaslu, Bawaslu Provinsi, dan Bawaslu Kabupaten/Kota melakukan pengawasan atas pelaksanaan verifikasi partai politik calon Peserta Pemilu yang dilaksanakan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota.
  • (2) Dalam hal Bawaslu, Bawaslu Provinsi, dan Bawaslu Kabupaten/Kota menemukan kesengajaan atau kelalaian yang dilakukan oleh anggota verifikasi partai politik calon Peserta Pemilu sehingga merugikan atau menguntungkan partai politik calon Peserta Pemilu, maka Bawaslu, Bawaslu Provinsi, dan Bawaslu Kabupaten/Kota menyampaikan temuan tersebut kepada KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota.
  • (3) Temuan Bawaslu, Bawaslu Provinsi, dan Bawaslu Kabupaten/Kota sebagaimana dimaksud pada ayat (2) wajib ditindaklanjuti oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota. (Ida)