Apakah Kamu Termasuk Golongan Generasi Sandwich???

Apakah Kamu Termasuk Golongan Generasi Sandwich???

Sandwich Generation/Ilustrasi/Ist

Oleh : Adhitya Hanjaya

JAKARTA – Apakah Anda Termasuk Golongan Generasi Sandwich? Kenyataannya, kita adalah Sumber Income bagi Kita Saat ini. Kita adalah sumber Income bagi Kita Kelak dan kita adalah Sumber Income bagi Keturunan Kita sekaligus Orang Tua Kita.

Pada Kondisi ini, seseorang masuk dalam Generasi Sandwich, dimana orang tersebut terjepit berada di tengah-tengah. Banyak orang berada pada Situasi ini, tetapi belum mampu menemukan solusi terbaik di dalam hidupnya.

Pertama, kita perlu mengetahui dasar dari pemikiran hidup sejahtera, yaitu dimulai dari bagaimana seseorang memiliki income. Income dikurangi Pengeluaran sebaiknya surplus. Income yang di dapat perlu dijaga. Tapi siapa yang di jaga? ‘Sumbernya’.

Disamping Income yang di dapat, ada pengeluaran. Pengeluaran perlu dikelola dengan baik. Dari menyisakan menjadi menyisihkan. Kebanyakan orang, mereka Lebih mementingkan belanja dulu. Jika ada sisa, baru ditabung. Apakah Ini Ideal? Tentu saja tidak. Bagaimana Mau sejahtera? Tidak konsisten menabung.

Bicara mengenai mengelola pengeluaran, baiknya ada tiga rekening. Apa saja itu? Rekening pertama adalah S (saving). Pada rekening ini, biasanya orang gunakan untuk kebutuhan jangka pendek, atau kebutuhan sehari-hari. Namun, tidak lupa, dalam rekening ini juga, seseorang perlu mempersiapkan 3-6 bulan pengeluaran sebagai dana yang sifatnya darurat.

Rekening kedua adalah I (Investment). Di dalam rekening ini, sifatnya untuk mengembangkan apa yang mereka sudah miliki, biasanya dalam bentuk rumah, tanah, ruko, logam mulia, saham, dan portofolio investasi lainnya.

Namun satu hal yang kita perlu sadari bahwa di dalam hidup ini ada beberapa kondisi, yaitu kondisi ideal, seperti saat ini, sehat dan produktif, kondisi tidak sehat, tidak produktif(resiko), dan kondisi tidak hidup, otomatis tidak produktif alias kembali kepada Yang Maha Kuasa (pasti).

Jika seseorang dihadapkan pada kondisi ‘Resiko’ ataupun Kondisi ‘Pasti’, Sedangkan Orang tersebut Sebagai Generasi Sandwich yang tadi saya jabarkan di atas, Bayangkan, apa yang Akan terjadi? Bagaimana Nasib Orang-orang yang bergantung hidup pada dirinya?

Bagaimana dengan Rek ‘S’ dan ‘I’? Bisa saja diambil bahkan dapat habis dan ludes karena dua kondisi tersebut yaitu Resiko dan Kepastian. Itu Artinya, orang tersebut Perlu Memiliki Sebuah Rekening lagi yang Dinamakan Rekening ‘P'(Peace of Mind).

Sebuah Rekening yang di desain khusus untuk memotong rantai kemiskinan, rekening yang dapat di desain sedemikian rupa sesuai kondisi dan kebutuhan. Dan sebuah rekening untuk menghadapi resiko dan kondisi pasti di masa mendatang.

Penulis adalah Financial Literacy Specialist dan Financial Educator (08128034917)