Analis Perkirakan ‘Face ID’ akan Muncul di iPad Pro Tahun Depan

Analis Perkirakan ‘Face ID’ akan Muncul di iPad Pro Tahun Depan

Ilustrasi / cnet.com

SHNet, Bangkok – Meskipun sistem ‘Face ID’ iPhone X menjadi isu yang diperdebatkan hingga saat ini, sejumlah laporan muncul mengklaim bahwa Apple berencana untuk menerapkannya di model iPad Pro tahun depan.

Analis KGI Securities yang biasanya dapat diandalkan, Ming-Chi Kuo, percaya bahwa pengaturan kamera TrueDepth yang memungkinkan ‘Face ID’ akan muncul pada generasi berikutnya dari iPads, sehingga memberi pengguna pengalaman yang sama di beberapa perangkat Apple. Kuo menambahkan bahwa fitur ini kemungkinan hanya akan menjadi bagian dari model andalan tipe Pro yang akan datang, dan tidak akan muncul di tablet yang lebih murah.

Belum jelas bagaimana Apple akan mengubah desain iPad jika memang mengenalkan proteksi ‘Face ID’, mungkinkah itu ditambahkan dari model iPhone-X ke perangkat baru mereka? Atau dengan membuang tombol ‘home’ sehingga menggunakan sistem Touch ID fingerprint recognition sebagai gantinya?

Namun yang harus dipikirkan adalah tampilan iPad sudah cukup besar sehingga frame pada layar (bezels) yang lebih kecil sepertinya tidak perlu. Plus, bisa membuat tablet terasa canggung, sehingga risiko jempol pengguna terus menyentuh layar.

Karena Apple sudah sedikit mengurangi frame pada layar iPad pada model Pro 10,5 inci baru-baru ini, bisa jadi kedua bentuk otentikasi biometrik – sidik jari dan wajah akan ditawarkan di tablet tipe Pro tahun depan.

Menambahkan kamera TrueDepth dan sistem ‘Face ID’ ke iPad nampaknya cukup masuk akal. Dengan pasar tablet yang stagnan, Apple berharap teknologi ini bisa membantu menarik pembeli potensial. Selain itu, Kuo mencatat bahwa kamera TrueDepth di iPad Pro dan iPhone X akan meningkatkan adopsi pengembang.

Pada akhirnya, keputusan tersebut mungkin akan turun ke seberapa banyak orang menyukai, atau tidak suka, saat ‘Face ID’ di iPhone X rilis bulan depan. (HNP)