1.254 Orang Tahanan Politik G-30-S-PKI Golongan C Berangsur-Angsur Akan Dikembalikan Kemasyarakat

1.254 Orang Tahanan Politik G-30-S-PKI Golongan C Berangsur-Angsur Akan Dikembalikan Kemasyarakat

Jakarta, 11 Oktober 1969 – Menjelang akhir tahun 1969 ini, secara berangsur-angsur 1.254 orang tahanan politik (Tapol) G-30-S/PKI yang termasuk golongan C oleh Laksus Pangkopkamtibda Jaya akan dikembalikan ketengah masyarakat, demikian penjelasan yang disampaikan Kepala Pengdam V/Jaya Letkol CKH Wirjadi SH Kepada pers hari Jum’at.

Pelepasan kembali Tapol golongan C ini, adalah sebagai realisasi daripada pidato Kenegaraan yang diucapkan Presiden Soeharto didepan Sidang Paripurna DPRGR tanggal 16 Agustus yang lalu tentang penyelesaian Tapol G-30-S/PKI dimana masalah telah dituangkan kemudian dalam petunjuk pelaksanaan Pangkopkamtib No.Kep-002/Kopkamtib/10-1968.

Sehubungan dengan hal diatas “Teptada” (Tim Penyelesaian Tahanan Daerah) sebagai unsur pelaksana dari Laksus Pangkopkamtibda jaya menyerukan kepada masyarakat untuk menerima keputusan Pemerintah tentang penyelesaian Tapol ini, menerimanya dengan jiwa yang ikhlas sebagai insan Pancasila, dengan tidak mengurangi kewaspadaan terhdap usaha adu domba dan penyusupan dari sisa kegiatan G-30-S/PKI.

Selanjutnya menjadi tugas dan kewajiban masyarakat untuk tidak melakukan bals dendam dalam bentuk apapun terhdap Ex. Tapol yang dikembalikan kemasyarakat itu.

Membantu Pemerintah dalam pengawasan, pengamatan dan pengamanan Ex. Tapol serta sanak keluarganya guna mencegah mereka dipengaruhi dan diperalat oleh sisa G-30-S/PKI dan kegiatan subversi lainnya. (SH)