Warga Desa Kalisari Aksi di Polres Demak

Warga Desa Kalisari Aksi di Polres Demak

Ratusan warga Desa Kalisari unjuk rasa di depan Polres Demak, Selasa (5/9). (Foto : LBH Demak Raya)

DEMAK –  5 September 2017, ratusan Warga Desa Kalisari Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak yang terdiri dari bapak bapak, ibu ibu remaja dan anak anak hari ini tadi menggelar aksi di Polres Demak dan Pendopo Kabupaten Demak.

Ratusan warga kalisari tersebut ke Polres Demak dengan maksud mengucapkan terimakasih, pada Kapolres Demak dan jajaranya karena responsif terhadap laporan yag perbah dilakukan warga sebelumnya. Hal itu dibuktikan dengan sejak laporan warga mengadu, proses pengerugan tanah bengkok itu dihentikan.

Ratusan warga juga mendukung Kapolres Demak beserta jajaranya untuk mengusut kasus ini secara proporsional dan profesional, cepat, tepat dan akubtabel. Karena Warga menganggap selama ini kepala Desanya telah menyalahgunakan jabatan dan wewenangnya untuk memperkaya diri sendiri sehingga menyebabkan kerugian terhadap desa dengan mengambil keuntungan untuk dirinya sendiri dari hasil penjualan tanah urug itu.

Ali Subchan koordinator aksi menyampaikan, maksud aksi di Polres Demak untuk mengucapkan terimakasih karena proyek pengerukan tanah di desa Kalisari sudah dihentikan. “Kami juga mendukung kepada polres Demak untuk segera menyelesaikan persoalan ini, selanjutnya kami akan ke Bupati dan akan kami sampaikan bahwa selama ini kepala desa kami nilai arogan, angkuh, otoriter,” katanya.

Dia juga menyebutkan, ada beberapa persoalan dikampung dan ada indikasi korupsi dalam proyek yang saat ini di kerjakan oleh desa, yang seharusnya dinikmati oleh warga tapi pada kenyataanya dinikmati oleh kepala desa itu sendiri.

Sementara itu praktisi hukum dari LBH Demak Raya sekaligus Sekretaris DPC Ikadin Kab. Demak Abdul Rokhim menyatakan, bila benar apa yang disampaikan oleh warga, maka hal itu sangat bertentangan dengan peraturan yang ada. “Berdasarkan Undang Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 yang namanya aset desa diperuntukan atau dikelola untuk kesejahteraan masyarakatnya dalam meningkatkan pembangunan desa,” katanya.

Materi disediakan LBH Demak Raya. Konten telah diedit gaya dan panjangnya.