Tembok Berlin Akan Dibongkar

Tembok Berlin Akan Dibongkar

Tapi Penyatuan Jerman Belum Pasti

Jakarta, 22 September 1973 – Wakil Jerman Timur di PBB hari Jum’at mengatakan “tak ada gunanya” bagi Jerman Barat untuk menyebarkan ilusi mengenai bersatunya Jerman nanti, demikian Peter Florin, anggota dari Komite Pusat Partai Komunis dan Wakil Menteri Luar Negeri, menjawab pertanyaan wartawan ketika ia mulai menduduki jabatan barunya di PBB.

Ia mengatakan Jerman Timur “tidak memikirkan kemungkinan bersatunya kembali Jerman”.

Menteri Luar Negeri Jerman Barat Walter Scheel hari Selasa mengatakan di depan Sidang Umum PBB, sehari setelah kedua Jerman diterima sebagai anggota, bahwa negaranya akan terus bekerja untuk perdamaian di dunia di dalam mana orang Jerman dengan damai bisa memperoleh penyatuan kembali dan menentukan nasibnya sendiri.

Walaupun tidak sependapat dengan Scheel mengenai penyatuan kembali. Florin menyatakan ia akan “bekerjasama penuh” dengan Jerman Barat dalam PBB mengenai semua persoalan yang menyangkut kepentingan bersama.

Dalam suatu jumpa pers yang mencakup bidang cukup luas Florin juga mengemukakan hal sebagai berikut :
Tembok Berlin mungkin dibongkar tetapi tidak tahu kapan.
Dengan diterimanya Jertim sebagai anggota PBB ia berpendapat “semua halangan” bagi pegakuan AS atas negaranya telah diatasi.

Jertim telah memenuhi semua tuntutan internasional yang menyangkut pampasan perang dan karena itu tidak berhutang apa-apa kepada Israel.

Mengadakan hubungan diplomatik dengan Israel tidak mungkin mengingat sikap “bermusuhan Israel” terhadap tetangga Arabnya dan Jertim.

Florin bersama rekannya dari Jerbar, duta besar Walter Gehihoff, menyerahkan surat kepercayaan mereka kepada Sekretaris Jenderal PBB, Kurt Waldheim, hari Kamis. (SH/AP)