Sepanjang Juli dan Agustus 2017 Kim Jong Un Fokus Ujicoba Nuklir

Sepanjang Juli dan Agustus 2017 Kim Jong Un Fokus Ujicoba Nuklir

Kim Jong Un/Ilustrasi/Ist

SHNet, Seoul – Sepanjang Juli dan Agustus 2017 Kim Jong Un Fokus Ujicoba Nuklir– Presiden Korea Utara, Kim Jong-un, sepanjang Juli – Agustus 2017, seluruh aktfitas kesehariannya dicurahkan kepada pengembangan ujicoba rudal balistik berhulu ledak nuklir.

Demikian analisis Kantor Berita Nasional Korea Selatan, Yonhap News Agency, dengan mengutip sejumlah sumber di Korea Utara, Jumat, 1 September 2017.

Di antara 13 aktivitas publiknya dalam periode yang disebutkan, 12 melibatkan Kim untuk memeriksa wilayah-wilayah yang terkait dengan militer, menurut analisis Kantor Berita Yonhap mengenai laporan media pemerintah Korea Utara. Sepuluh dari kasus tersebut terkait dengan pengembangan rudal.

Ketegangan antara Utara dan Amerika Serikat (AS) meningkat pada bulan Juli 2017 dan Agustus 2017 karena penembakan dua rudal Intercontinental Balistic Missile (ICBM) Korea Utara memicu reaksi marah dari Washington.

Pada bulan Juli 2017, Korea Utara menguji dua ICBM, yang menurut para pengamat mungkin menempatkan sebagian besar daratan A.S. dalam jangkauan, termasuk Los Angeles dan Chicago.

Pada 14 Agustus 2017, Kim diberitahu tentang rencana negara tersebut untuk menembakkan empat rudal ke wilayah Guam di AS sebelum dia menunda rencana tersebut. Dia juga mengamati penembakan rudal balistik jarak menengah, yang terbang di atas Jepang pada hari Selasa.

Inspeksi terakhirnya mengenai fasilitas terkait ekonomi dilakukan pada akhir Juni saat ia mengunjungi sebuah pabrik yang baru dibangun untuk barang saniter gigi. Langkah Kim terlihat menunjukkan tekadnya untuk fokus pada peningkatan senjata nuklir dan rudal untuk menekan AS dan berada di atas angin dalam berurusan dengan Washington. (Aju)