Sebab Kematian Bruce Lee

Sebab Kematian Bruce Lee

Sinar Harapan, 22 September 1973 – Aktor film timur-barat Bruce Lee telah meninggal bulan yang lalu karena penyakit paru-paru dan kanker pada otaknya serta sebab lainnya, demikian diumumkan baru-baru ini di Hongkong.

Seorang pemeriksa mayat, menerangkan secara singkat mengenai kematian Lee, seorang bintang film terkenal yang selalu memainkan peranan utama dalam film silat China.

Ia meninggal tidak lama setelah ia membayar ongkos rumah sakit untuk pengobatan penyakitnya dalam usia 32 tahun.
Pemeriksaan dilakukan berbulan-bulan untuk mendapatkan keterangan mengapa dan bagaimana peristiwa itu sampai terjadi. Lee meninggal dengan keharuman.

Kira-kira 200 orang mengantarkan jenazah Lee ke tempat peristirahatannya yang terakhir di Tsuen Wan, suatu kota yang baru dibangun di Hongkong.

Diantara pengantar itu termasuk Linda isteri Lee yang berkebangsaan Amerika, produser film Raymond Chow dan aktris Betty Ting Pei.

Di luar makam itu polisi menjaga orang yang pingsan dalam suasana yang singkat itu Tung mengatakan bahwa seorang ahli penyakit telah menemukan sebab-sebab kematian Lee.
Kemungkinan lain adalah penyakit alam yang tidak terlihat atau belum dapat diketahui.

Suatu laporan dari pusat kimia menyatakan bahwa mereka menemukan traces of cannabis di dalam perutnya dan juga cannabis yang aktif terdapat dalam ususnya tetapi bukan traces dari alkohol atau obat bius keras lainnya, kata Tung.

Tung menyatakan bahwa pada tanggal 20 Juli seorang dokter di panggil ke rumah Ting, dokter itu berusaha untuk menghidupkan Lee yang didapatinya sedang tidur disisi Ting.

Nadinya tidak menunjukkan reaksi apa-apa, juga denyut jantungnya tidak dapat didengar dan sudah tidak ada pernafasan lagi, tak ada harapan untuk hidup, kata Tung.
Betty Ting salah seorang yang menyaksikan kejadian itu mengatakan bahwa ia telah mengenal Lee lebih dari satu tahun sebelum ia meninggal.

Ting mengatakan, bahwa pada tanggal 20 Juli Chow dan Lee datang ke flatnya di Hongkong untuk suatu kunjungan.
“Apa maksud dari kunjungan itu ?” kata orang yang berkumpul di situ. Dia menerangkan bahwa maksud kunjungan itu adalah untuk mendiskusikan script dari film yang dinamakan “Death Came”, dikatakannya pula bahwa tidak ada kelainan dalam tingkah laku Lee pada tanggal 20 Juli itu, biasa saja seperti perjumpaan sebelumnya. (Spektrum)