Memadukan Wisata Olahraga dan Kuliner di Padang KulineRun 2017

Memadukan Wisata Olahraga dan Kuliner di Padang KulineRun 2017

Padang KulineRun 2017 upaya mempromosikan pariwisata Kota Padang dan kuliner khas Minang. (Dok. Forwarpar)

SHNet, Jakarta- Mempromosikan keindahan alam, budaya dan kuliner Indonesia tidak hanya tugas dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) saja untuk melakukan berbagai atraksi guna membidik wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata.

Pemerintah daerah bersama mitranya juga bisa ambil bagian mempromosikan destinasi wisata yang ada di daerahnya dengan menggelar berbagai atraksi seperti festival atau lomba.

Hal inilah yang dilakukan oleh PT Hotel Indonesia Natour (Persero) dan PT Semen Padang yang bersinergi dengan BUMN, PT Pegadaian, BTN dan Garuda Indonesia, menyelenggarakan Padang KulineRun 2017 pada 24 September mendatang.

Padang KulineRun ini baru pertama kali diselenggarakan dan di tahun ini juga akan menyelenggarakan Malioboro KulineRun dengan mengangkat kearifan lokal masing-masing daerah. Kegiatan ini dilaksanakan berkaitan dengan HUT Kota Padang dan Hari Pariwisata Dunia yang jatuh pada 26 September,” ujar Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero) HIN Iswandi Said, di Jakarta, Senin (11/9).

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut memadukan wisata olahraga lari dengan wisata kuliner, dimana para peserta akan menikmati berbagai hidangan khas dari Minang selama event berlangsung.

Menurutnya, Padang KulineRun merupakan upaya mempromosikan berbagai keindahan Kota Padang sebagai destinasi wisata sekaligus mengangkat kuliner ranah Minang yang telah diakui dunia.

Padang KulineRun 2107 direncanakan diikuti sekitar 1500 peserta, dan akan mempertandingkan lomba dengan jarak 2,5K/5K/10K dan Family Run dengan total hadiah sebesar Rp 35 juta serta berbagai hadiah menarik lainnya.

Para peserta akan dapat melaksanakan lomba sambil menikmati ikon pariwisata kota Padang yang sebagian besar merupakan kawasan pantai, yaitu Pantai Padang, Pantai Muaro Lasak, Pantai Tugu Perdamaian, Museum Adityawarman,kawasan Pondok dan Tugu Nol Kilometer Padang (depan hotel Grand Inna Padang).

Seusai lomba para peserta akan dapat menikmati berbagai sajian kuliner khas Minang, termasuk dari industri, UMKM, dan Hotel Grand Inna Padang – yang sebagai tempat penyelenggaraan event – akan menyiapkan sajian khusus lontong gulai khas Padang, bubur kampiun. lamang tapai, dan sebagainya.

“Kami akan memberikan harga spesial bagi mereka yang menginap di Inna Padang sehari sebelum atau pada saat event tersebut berlangsung.,” kata Iswandi. (Stevani Elisabeth)