Melawan Stigma: Magali Saby, Penari Penyandang Disabilitas

Melawan Stigma: Magali Saby, Penari Penyandang Disabilitas

SHNet, Jakarta – Seniman serbabisa, Magali Saby adalah penari, koreografer dan aktor. Sejak lahir ia menderita lumpuh otak (cerebral palsy) yang menyebabkan gangguan motorik dan keseimbangan. Meskipun begitu, ia berhasil memanfaatkan keterbatasannya sebagai sumber kekuatan terutama dalam seni dan tari.

Berangkat dari disabilitas yang disandangnya, seni pertunjukan dan ruang sosial yang digelutinya, Magali Saby memberikan kesaksiannya bagaimana seni dapat dijadikan alat emansipasi. Kini, saat pandangan masyarakat terhadap para penyandang disabilitas masih memunculkan stigma, Magali Saby justru membalikkannya lewat ekspresi olah tubuh. Menjadikan keterbatasannya sebagai sumber kekuatan, kita bisa menyaksikan bagaimana keberanian dan keteguhannya menjadi sumber inspirasi bagi setiap orang.

Aktor, koreografer dan penari Magali Saby senantiasa mempertanyakan jalinan antara tari, seni, dan disabilitas dalam karya-karyanya. Pernah berkolaborasi dengan berbagai kelompok tari baik Prancis maupun mancanegara, penari penyandang disabilitas ini terinspirasi oleh tempat di mana tubuh menduduki ruang. Refleksi artistiknya juga terarah pada feminitas. Apa artinya menjadi perempuan di tengah masyarakat kontemporer kita? Di manakah tempat untuk para penyandang disabilitas?

Pada perhelatan The 2nd Indonesian Ballet Gala, Magali Saby bersama Nudiandra Sarasvati, Irfan Setiawan, Citamutia Asyani Salim, Johan Sun dan Josh Marcy Putra Pattiwael mempersembahkan “The Girl of the Air” (La fille de l’air). Melalui kolaborasi budaya ini, lewat keindahan dan kepuitisannya, Magali Saby memotret keberanian perempuan yang menenggak cinta dan kebebasan.

Institut Francais Indonesia (IFI) mengundang masyarakat yang tertarik untuk bergabung menyaksikan pertunjukan seni tari Magali Saby berkolaborasi dengan penari-penari Indonesia di Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat pada tanggal 23 September 2017, pukul 13.00 dan 19.00, silakan melakukan reservasi di: www.ballet.id/gala2017. (*SR)