Libas Yamaha dan Ducati, Duo Honda Repsol Kuasai Podium Aragón

Libas Yamaha dan Ducati, Duo Honda Repsol Kuasai Podium Aragón

motorsport.com

SHNet, Zaragoza – Tim Honda Repsol berhasil menguasai podium di GP Aragón usai Marc Marquez dan Dani Pedrosa menyelesaikan lomba di urutan pertama dan kedua. Sirkuit panjang di Ciudad del Motor de Aragón menjadi saksi ketangguhan mesin RC213V milik kedua pembalap asal Spanyol itu menggilas para lawan yang berada di depan mereka.

Marquez yang memulai balapan dari grid kelima, awalnya menyalip pembalap tuan rumah dari tim Yamaha Movistar, Maverick Vinales, yang startnya lebih dahulu dicuri Jorge Lorenzo.  Posisi Vinales sebelumnya juga di takeover oleh Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso.

Setelah enam laps berjalan publik dapat melihat jelas bahwa motor Marquez memiliki kecepatan dan akselerasi yang superior dibanding para pesaingnya, dengan mengambil alih posisi Dovizioso yang berada di tempat ketiga. Bahkan di laps 9 The Baby Alien mencoba menyalip dua pembalap di depannya sekaligus, Lorenzo dan Rossi, namun masih gagal karena posisinya jadi melebar di tikungan.

Namun memimpin balapan hanyalah soal waktu saja bagi Marquez, meski sempat disalip oleh Desmodovi namun sang juara bertahan berhasil mengembalikan motornya berada kembali di depan pembalap Ducati itu.

Aksi kedua pembalap Honda Repsol tersebut dimulai pada laps 13, saat Marquez merangsek ke posisi 2 meninggalkan Rossi berada di belakangnya, sementara Pedrosa mengambil alih tempat Vinales di urutan 5. Dua laps berikutnya giliran duo Ducati yang dilibas, dimana Pedrosa masuk di depan Dovizioso, sedangkan Marquez mulai mengancam posisi Lorenzo sebagai pimpinan balapan.

Menyisakan delapan laps lagi Marquez sudah berhasil mengambil alih balapan dari tangan Lorenzo, dan Pedrosa juga sukses mencuri tempat ketiga dari Rossi. Dalam balapan trek lurus di MotorLand Aragón terlihat motor milik Ducati memiliki masalah teknis dengan gagal mempertahankan kecepatan mereka jelang balapan berakhir. Bahkan Lorenzo harus merelakan motornya disalip Pedrosa saat balapan menyisakan tiga laps lagi.

Lomba di Gran Premio Movistar de Aragón menjadi istimewa karena empat pembalap Spanyol mendominasi balapan, setelah Vinales berhasil menyalip Rossi di tikungan pertama dan meninggalkannya finis di posisi kelima.

Dari kemenangan ini Marc Marquez mengumpulkan 224 poin dan memimpin klasemen sementara dari Dovizioso dengan keunggulan 16 angka di depannya. Balapan berikutnya akan diadakan di Jepang, di sirkuit Twin Ring Motegi (15/10). (HNP)