Kapal Perang Ikut Meriahkan Festival Pesona Selat Lembeh 20017

Kapal Perang Ikut Meriahkan Festival Pesona Selat Lembeh 20017

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti foto bersama usai jumpa pers Festival Pesona Selat Lembeh 2017, di Jakarta, Senin (25/9). (SHNet/stevani elisabeth)

SHNet, Jakarta- Setelah sukses tahun lalu, pemerintah Kota Bitung, Sulawesi Utara didukung oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali menggelar Festival Pesona Selat Lembeh 2017, di Kota Bitung, 6-10 Oktober 2017.

Sekretaris Daerah yang juga selaku Ketua Panitia Pelaksana Festival Pesona Selat Lembeh 2017 Audy Pangemanan mengatakan, ada yang unik dari Festival Pesona Selat Lembeh dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Tahun lalu ada parade kapal hias atau sailing pass yang hanya diikuti oleh kapal – kapal yang ada di Selat Lembeh, termasuk kapal nelayan, maka tahun ini akan ada kapal perang milik TNI AL ikut meriahkan sailing pass tersebut, “ujarnya saat jumpa pers, di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (25/9).

Ia mengatakan, ada tiga kapal perang yang bertolak ke Selat Lembeh. Sailing Pass sendiri nantinya akan menjadi unggulan dari Festival Pesona Selat Lembeh.

Sailing pass akan dilaksanakan pada hari pertama Festival Pesona Selat Lembeh 2017. Kegiatan ini nantinya akan jadi unggulan di event Festival Pesona Selat Lembeh di tahun berikutnya. Bahkan, tahun depan kami berharap ada kapal pesiar yang ikut dalam sailing pass di Selat Lembeh, ” kata Audy.

Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban mengatakan, Selat Lembeh memiliki potensi pariwisata kelas dunia berupa pesona bahari, flora, fauna, industri, budaya dan sejarah yang semuanya gencar dipromosikan di tingkat nasional dan mancanegara.

Sebagai kota bahari, Selat Lembeh memiliki 95 titik selam dan ekowisata mangrove yang akan melengkapi destinasi wisata bahari Bunaken yang sudah mendunia.

Lembeh juga memiliki Taman Nasional Tangkoko, tempat flora dan fauna termasuk satwa – satwa dari Australia.

“Sejak ada charter flight dari 8 kota di Tiongkok ke Manado, maka Bitung juga kena dampaknya. Wisman dari Tiongkok yang berkunjung ke Bitung meningkat. Mereka senang wisata ke pantai, ” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti mengatakan, Festival Pesona Selat Lembeh 2017 merupakan event untuk unggulan Kota Bitung dalam mendukung Wonderful Indonesia yang menargetkan kunjungan wisman tahun ini sebanyak 15 juta orang dan 265 juta pergerakan wisnus di Tanah Air. (Stevani Elisabeth)