Ilmuwan Kini dapat Menyimpan Cahaya Layaknya Gelombang Suara di Chip Komputer

Ilmuwan Kini dapat Menyimpan Cahaya Layaknya Gelombang Suara di Chip Komputer

Ilustrasi / ibtimes.com

SHNet, Sidney – Jika kita berbicara tentang cahaya, suara, dan data, tentu yang ada di kepala kita adalah ketiganya merupakan hal yang berbeda. Cahaya merupakan gelombang elektromagnetik, sedangkan suara adalah sebuah getaran akustik, sementara data terbentuk dari bilangan 0 dan 1 pada komputer.

Tapi para periset di University of Sydney, Australia, telah mencoba menggabungkan ketiganya untuk membantu menciptakan apa yang mereka sebut sebagai komputer optik. Penemuan yang diberi judul “A chip-integrated coherent photonic-phononic memory” tersebut baru-baru ini dipublikasikan di Nature Communications. Sebuah chip terpadu yang merangkai memori photonic-phononic (cahaya-suara).

Alih-alih memproses data dalam bentuk elektron, para periset menggunakan partikel cahaya (foton). Komputer optik ini pada dasarnya memiliki keunggulan produksi yang tidak mengeluarkan panas, kebal terhadap gangguan elektromagnetik dan menggunakan energi jauh lebih sedikit daripada komputer modern. Dan lagi kemampuan komputer ini kira-kira 20 kali lebih cepat.

Ilmuwan memakai teknologi akustik dalam prosesnya ini karena foton dapat bergerak dengan sangat cepat. Dengan mengubah foton menjadi gelombang suara menggunakan “microchip fotonik”, mereka dapat memperlambat data yang cukup agar sirkuitnya bisa benar-benar mengolahnya.

Teknologi ini menembus bermacam pulsa cahaya yang berinteraksi dan menghasilkan getaran menit di dalam chip. Penyangga akustik ini memungkinkan komputer untuk mengontrol informasi dengan lebih baik yang diproses dengan beberapa urutan besarnya. Dengan melewati sinyal bandwidth yang berbeda pada saat bersamaan, para ilmuwan juga sangat dapat meningkatkan kinerja pada komputer.

Meskipun semua teknologi ini membutuhkan beberapa tahun atau bahkan puluhan tahun lagi ke depan untuk menjadi sebuah produk yang layak, tapi potensi fasilitas tersebut pada industri komputasi sangatlah besar jika teknologinya dapat diskalakan terhadap sebuah sistem yang menyeluruh. (HNP)