Harpa, Pengantar Penyembuhan Paling Sempurna

Harpa, Pengantar Penyembuhan Paling Sempurna

ilustrasi / ist

SHNet, Jakarta – Musik sebagai sarana atau alat penyembuhan suatu penyakit bukanlah hal baru, Maya Hasan CMP, Master Harpa Indonesia, menyampaikan hal tersebut dalam Percakapan “Music For Healing: Manajemen Stress dan Pikiran” yang diselenggarakan Daya Lima Indonesia Jumat (8/9) di Jakarta. Maya bahkan menegaskan bahwa dari semua instrumen musik yang ada, Harpa merupakan pengantar penyembuhan paling sempurna.

“Mengapa begitu? Karena bunyi yang dihasilkan Harpa memberikan keseimbangan pada seluruh tubuh orang yang mendengarkan. Ketika mendengarkan petikan Harpa, seluruh cakra (energi) yang ada pada manusia mulai dari tubuh bagian bawah, organ-organ penting sampai ke otak menerima gelombang musiknya dengan baik,” tambah Maya.

Penyakit yang bisa diatasi dengan mendengarkan musik, terutama harpa adalah meringankan gejala keluhan migrain menahun. Memberi ketenangan pada pasien dengan penyakit-penyakit berat atau saat akan masuk ruang operasi. Dijelaskan oleh Maya, 70% tubuh manusia terdiri dari air sehingga dengan mudah juga terpengaruh oleh gelombang-gelombang buruk dari luar yang dapat menimbulkan ketidakseimbangan, yang dapat berujung pada munculnya penyakit sederhana sampai kompleks. Salah satu pengaruh yang menimbulkan ketidakimbangan adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Keluhan yang biasanya sering muncul dan ditemui oleh Maya adalah Migrain.

Selain migrain, keluhan yang umum didapati dari pasiennya adalah stress atau kekurangan kosentrasi. “Ada pasien saya yang menderita migrain menahun dan ketika pertama kali saya perdengarkan dentingan harpa pada nada tertentu, dia menjadi lebih tenang dan selama satu minggu tidak mendapat serangan migrain,”  cerita Maya. Sejak itu, pasien tersebut rutin berkonsultasi padanya.

Bagaimana dentingan harpa bisa mendeteksi atau meringankan keluhan penyakit? Menurut Maya, dalam tubuh manusia memiliki unsur-unsur seperti pada unsur ilmu feng shui yang mewakili organ tubuhnya. Misalnya unsur Earth (tanah) pada tubuh manusia mewakili seluruh sistem pencernaan, perut dan kelenjar limpa. Bila unsur tanah ini bermasalah akan menimbulkan gangguan pada organ-organ tersebut seperti asam lambung, sakit kepala dan lain-lain. Unsur ini mewakili nada rendah pada harpa dan proses terapinya adalah dengan memerdengarkan nada-nada rendah yang tentunnya bisa menenangkan.

Jadi dengan mendengarkan musik-musik dari Harpa, Anda bisa mengurangi keluhan penyakit yang Anda derita. Menurut Maya tidak setiap orang dengan keluhan yang sama bisa kurang keluhannya bila diperdengarkan nada yang sama. Ini terjadi karena setiap orang memiliki gelombang nada yang berbeda tergantung mana unsur yang paling dominan pada tubuhnya. (waris sukiswati)