Bisa Lho, Nonton Festival sambil Bikin E-KTP!

Bisa Lho, Nonton Festival sambil Bikin E-KTP!

Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri dan Dinas Dukcapil Kabupaten Magelang menyediakan layanan perekaman data e-KTP, pada Festival Tlatah Bocah XI, Sabtu hingga Minggu, 9-10 September 2017. [SHNet/Ist]

SHNet, Magelang – Apakah Anda warga Indonesia dan belum punya kartu tanda penduduk/KTP elektronik (e-KTP)? Kalau Anda kebetulan berkunjung ke Dusun Ngandong, Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Magelang, Jawa Tengah, hari ini, Anda bisa mengikuti proses membuat e-KTP.

Bukan hanya itu, selain membuat e-KTP, Anda sekaligus juga dapat menonton acara hajatan tahunan seni tradisi, Festival Tlatah Bocah, keesokan harinya, Sabtu dan Minggu, 9-10 September 2017. Pasalnya, lokasi pembuatan e-KTP adalah di tempat berlangsungnya penyelenggaraan Festival Tlatah Bocah XI di Dusun Ngandong.

Penggagas festival seni anak-anak Gunung Merapi, Festival Tlatah Bocah, Gunawan Julianto mengatakan hal ini di Muntilan, Magelang, Jumat (8/9).

Menurut Gunawan, selama Festival Tlatah Bocah XI, Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri dan Dinas Dukcapil Kabupaten Magelang menyediakan layanan perekaman data e-KTP. Layanan ini bisa dinikmati semua warga negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di mana pun, yang mempunyai hak mendapatkan KTP, namun belum pernah melakukan perekaman data.

Tidak Dipungut Biaya
“Syaratnya hanya membawa bawa fotokopi kartu keluarga, KK,” kata Gunawan.

Menurutnya, selain melayani perekaman data, Dinas Dukcapil Kabupaten Magelang juga melayani pengurusan Akte Kelahiran dan kartu keluarga (KK).

“Tidak ada pungutan biaya alias gratis,” kata Gunawan. “Kecuali pemohon Akte Kelahiran yang berusia lebih dari 60 hari, dikenai sanksi resmi sebesar Rp 25.000,” tambahnya.

Gunawan menyebutkan, layanan kependudukan dari Dirjen Dukcapil dan Dinas Dukcapil Kabupaten Magelang ini tidak hanya berlangsung saat penyelenggaraan Festival Tlatah Bocah, melainkan sudah berlangsung sejak Kamis 7 September 2017 kemarin.

“Layanan kependudukan berlangsung sejak kemarin, tanggal 7 September hingga Minggu, 10 September 2017, sesuai jam kerja. Namun, panitia juga membuka kemungkinan melayani di luar jam kerja juga jika saat jam kerja antrean masih panjang,” kata Gunawan.

Sekali lagi, Gunawan mengingatkan, lokasi pelayanan e-KTP sama dengan lokasi Festival Tlatah Bocah, yakni di Dusun Ngandong, Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, dengan petunjuk peta dari Google Maps: http://maps.google.com/?q=-7.548090,110.373729&hl=en&gl=gb

Pegiat budaya dari Magelang ini juga menginformasikan bahwa warga yang ingin mengikuti lebih lanjut perkembangan mengenai Layanan e-KTP pada hajatan Festival Tlatah Bocah XI, bisa selalu menyimak update informasinya di Facebook Panitia, melalui link https://www.facebook.com/tlatahbocah, atau WA : 0818 – 0272 3030. (whm)