Bibit Pohon Jadi Kenang-Kenangan “Festival Tlatah Bocah XI”

Bibit Pohon Jadi Kenang-Kenangan “Festival Tlatah Bocah XI”

Perwakilan salah satu komunitas peserta Festival Tlatah Bocah XI menerima bibit pohon dari Gunawan Julianto dari Tlatah Bocah, di sela-sela acara festival, yang berlangsung di Dusun Ngandong, Desa Ngargomulyo, Dukun, Magelang, Sabtu hingga Minggu, 9-10 September 2017. Foto karya Widya Kharisma. [SHNet/Ist].

SHNet, Magelang – Komunitas Tlatah Bocah tidak hanya terkait dengan hajatan tahunan seni tradisi dengan pelaku anak-anak di kawasan Gunung Merapi dan sekitarnya. Keberadaan Tlatah Bocah juga tak terlepas dari aktivitas peduli lingkungan, seperti mengajak anak-anak terlibat dalam kegiatan cinta lingkungan, antara lain kegiatan penanaman berbagai bibit pohon.

Bibit pohon rupanya juga muncul saat ajang Festival Tlatah Bocah tahun ini yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu, 9-10 September 2017. Komunitas ini tampak memberikan bibit pohon sebagai kenang-kenangan pada tim dan komunitas lain yang terlibat dalam acara ini.

Humas Festival Tlatah Bocah XI, Gunawan Julianto, mengatakan acara yang berlangsung di Dusun Ngandong, Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini, diikuti total 30 tim peserta.

“Bibit pohon yang kami jadikan cenderamata ini antara lain berasal dari teman-teman yang ingin turut menyumbang bibit untuk keperluan festival ini,”kata Gunawan di Muntilan, Magelang, sesaat sebelum acara festival, Minggu (10/9) .

 

Penampilan salah satu kelompok seni yang memeriahkan hari kedua Festival Tlatah Bocah XI di Dusun Ngandong, Desa Ngargomulyo, Dukun, Magelang, Sabtu hingga Minggu, 9-10 September 2017. [SHNet/Ist].
Penampilan salah satu kelompok seni yang memeriahkan hari kedua Festival Tlatah Bocah XI di Dusun Ngandong, Desa Ngargomulyo, Dukun, Magelang, Sabtu hingga Minggu, 9-10 September 2017. [SHNet/Ist].
Gunawan menjelaskan, cenderamata berupa bibit pohon diberikan kepada semua pengisi acara dan orang-orang yang berperan dalam Festival. Menurutnya, pemberian cenderamata berupa bibit pohon baru dilakukan pada Festival Tlatah Bocah tahun ini, dengan jumlah total sebanyak 60 bibit pohon.

Manfaat bagi Lingkungan
Ia menjelaskan, komunitasnya mengharapkan, agar dengan memberikan bibit pohon sebagai kenang-kenangan, bibit pohon tersebut dapat menjadi tandamata yang awet sekaligus bermanfaat bagi lingkungan.

Kikin, salah seorang pengunjung setia Festival Tlatah Bocah menilai, pemberian bibit pohon sebagai cenderamata merupakan ide yang kreatif dan bagus. Pasalnya, pemberian cenderamata semacam itu menurutnya menunjukkan bahwa komunitas Tlatah Bocah peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Cara itu juga dapat membantu dan mengajari orang-orang untuk mau turut serta melakukan upaya penghijauan di lingkungan sekitar mereka,” kata Kikin.

Menurut Kikin, langkah komunitas Tlatah Bocah tersebut akan mendorong orang-orang makin sadar akan pentingnya penghijauan.

“Supaya kita makin sadar pentingnya penghijauan bagi kelangsungan hidup anak cucu kita di masa mendatang,” pungkasnya. (whm)