Astro Bike, Sepeda Listrik Ramah Lingkungan

SHNet, Yogyakarta – Sektor transportasi mengkonsumsi sekitar 20% dari total konsumsi energi final nasional (Pusat Data dan Informasi ESDM) per 2012. Jumlah tersebut akan terus meningkat dengan semakin murahnya harga jual kendaraan bermotor berbahan bakar minyak.

Jumlah kendaraan bermotor semakin bertambah, sementara jumlah dan luas jalan cenderung tetap. Polusi udara dan polusi suara yang dihasilkan dari mesin kendaraan bermotor berbahan bakar minyak akan memberi dampak buruk bagi kesehatan dan kehidupan manusia. Jika tidak ada regulasi, penanganan dan tindakan nyata, maka hal ini akan terakumulasi dan ujungnya menjadi pemanasan global.

Bermula karena sering mendapat tilang dari polisi ketika bersepeda motor, I Gede Dangin B.K surya Nuarsa terinspirasi untuk membuat sepeda listrik berbasis android. Ia bersama 5 (lima) temannya kemudian membentuk tim yang dinamakan Tim Astro Bike.

Kendaraan bertenaga listrik menawarkan transportasi yang lebih ramah lingkungan, karena tidak menimbulkan polusi udara maupun polusi suara. Pengembangan sebuah sepeda roda dua bertenaga listrik (sepeda listrik) pada khususnya, merupakan salah satu alternatif transportasi jarak menengah ramah lingkungan yang dapat digunakan oleh semua umur.

Di sisi lain, telepon seluler (smartphone) dengan sistem operasi android dan IOS merupakan salah satu alat telekomunikasi yang paling popular saat ini. Smartphone sekarang sudah bukan merupakan barang mewah lagi karena dimiliki oleh hampir setiap orang dari berbagai fitur-fitur monitoring dan kendali pada sistem sepeda listrik yang berbasis Aplikasi. Dengan cara ini, maka pengguna (pengemudi) sepeda listrik akan lebih mudah dalam mengoperasikan dan memonitoring sepeda listriknya.

Menurut I Gede Dangin, keunggulan teknologi sepeda listrik berbasis android hasil inovasinya adalah: menggunakan baterai sebagai sumber tenaga dan motor listrik sebagai mesin; bahan baku yang digunakan lebih banyak berasal dari Indonesia sendiri; menggunakan aplikasi smartphone sebagai control dan monitoring; memiliki sistem pengaman otomatis; baterai dapat diisi ulang dengan mengayuh dan dengan listrik rumah; memiliki tombol navigasi dan LCD monitor pada bahan sepeda serta memiliki lampu penerangan dan lampu sen untuk keamanan berkendara saat malam hari.

Bagi masyarakat yang berminat, silakan menghubungi I Gede Dangin B.K. Surya Nuarsa, Telpon 0856-4073-8711, alamat email: dangindauh3@gmail.com. (SR)