7 Destinasi Wisata Unik di Indonesia Buat Turis Penasaran

7 Destinasi Wisata Unik di Indonesia Buat Turis Penasaran

Danau Tujuh Gunung. (Ist)

SHNet, Jakarta- Indonesia tidak hanya kaya akan keindahan alam dan budayanya yang menjadi daya tarik para wisatawan baik wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).

Dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di Indonesia, ada beberapa destinasi wisata yang unik. Keunikan destinasi tersebut, membuat turis penasaran untuk mengunjunginya.

Inilah 7 desniasi wisata unik di Indonesia yang dihimpun SHNet dari berbagai sumber.

Danau Gunung Tujuh

Di Kerinci, Jambi, ada danau yang dikelilingi oleh tujuh gunung. Danau tujuh gunung, namanya. Lokasinya berada di 1.950 meter di atas permukaan laut ini membuat airnya terasa dingin.

Para wisatawan yang berkunjung ke danau ini tergoda untuk berenang dan merasakan dinginnya air Danau Gunung Tujuh.

Di destinasi wisata yang satu ini juga terdapat hamparan pasir yang menyerupai pasir pantai di salah satu sisinya. Oleh para wisatawan, lokasi ini sering dijadikan tempat camping.

Pulau Segajah

Destinasi unik lainnya adalah Pulau Segajah yang ada di Bontang, Kalimantan Timur. Keunikannya justru dari jadwal kunjungan yang ditetapkan oleh pihak pengelola.

Pulau Segajah. (Ist)

Para wisatawan diperbolehkan berkunjung ke Pulau Segajah pada siang hingga sore hari. Pasalnya, pulau ini akan muncul pada saat air laut surut.

Pulau Samosir

Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba, Sumatera Utara adalah pulau vulkanik yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba sekitar 73.000 – 75.000 tahun yang lalu.

Pulau Samosir (Ist)

Danau yang mempunyai pulau di tengahnya seperti ini hanya ada di Indonesia. Selain letaknya yang unik, wisata alam dan budaya di pulau ini sangat menarik, budaya Batak asli dapat kamu temui disini sambil menikmati pemandangan perbukitan nan cantik yang mengelilingi pulau.

Pantai Pink

Seperti namanya, Pantai Pink merupakan hamparan pantai dengan air laut berwarna biru jernih Yang dikelilingi dengan pasir berwarna pink atau merah muda. Letaknya di Flores, NTT.

Pantai Pink di NTT. (Ist)

Warna pasir tersebut menjadi sebuah fenomena langka yang diakibatkan oleh adanya serpihan batu karang berwarna merah muda.

Pulau Kakaban

Snorkling dikelilingi ubur-ubur, itulah sensasi dan keunikan yang dapat kita rasakan kala berkunjung ke Pulau Kakaban, di Kalimantan Timur. Kakaban merupakan bagian dari kepulauan Derawan.

Pulau Kakaban di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. (Ist)

Terdapat 4 jenis ubur-ubur yang hidup di danau ini, dan salah satunya jenisnya sangat langka dan hanya ada di Kakaban dan Pulau Mikronesia di tenggara Luatan Pasifik. Semua ubur-ubur di danau ini tidak menyengat dan tidak beracun sehingga para wisatawan bebas menyelam di tengahnya.

Sungai Kampar

Sungai Kampar, Riau juga tak kalah uniknya khususnya bagi para peselancar. Pada umumnya surfing dilakukan di laut, namun di sungai ini pun para selancar dapat melakukannya. Sungai ini memiliki Gelombang Bono yang menjadikan sungai ini berombak.
Gelombang Bono adalah peristiwa alam yang terjadi akibat bertemunya arus pasang air laut dengan muara sungai yang lebar. Ditambah dengan angin dan tebing di kanan kirinya, terciptalah ombak sungai sangat menantang.

Pacu Bono di Sungai Kampar. (Ist)

Gelombang Bono pun sudah menjadi atraksi wisata yang paling terkenal di Indonesia. Gelombang ini jadi tempat bermainnya para peselancar dunia. Bermain surfing di sungai tidak semudah bermain di laut. Dibutuhkan nyali dan skill yang tinggi untuk dapat surfing di sungai ini.

Gunung Kelimutu

Sebuah destinasi wisata alam yang berada di Flores ini terlihat sangat unik karena di puncaknya terdapat 3 buah danau dengan warna yang berbeda dan berubah setiap waktu.

Danau Kelimutu. (Ist)

Salah satu wisata unik yang dimiliki oleh Indonesia ini menjadi fenomena langka yang tidak dapat anda temukan di lokasi lain. Ketiga danau tersebut, masing-masing memiliki warna biru, merah, dan hijau. Pada kurun waktu tertentu, warna-warna dari masing-masing danau akan mengalami perubahan.

Inilah destinasi-destinasi wisata yang unik di Indonesia. Selain beberapa poin di atas, tentunya masih terdapat spot menarik lain yang tersebar di seluruh nusantara. (Stevani Elisabeth)