Ali Menang Angka Tipis Atas Ken Norton

Ali Menang Angka Tipis Atas Ken Norton

Ronde Ke-3 Hidung Ali Bercucuran Darah
Ronde Ke-10 Bagian Bawah Mata Norton Robek

Jakarta, 11 September 1973 – Bekas juara tinju kelas berat dunia, Muhammad Ali menang tipis atas Ken Norton di Inglewood, California, Senin malam ketika ia pada ronde terakhir melancarkan serangan dengan kedua kepalanya terhadap kepala Norton.

Ali bertanding dengan timbangan badan 96 Kg, berat badan yang paling ringan selama ia pernah naik ring.
Selama pertarungan 12 ronde itu kedua petinju silih berganti unggul dalam satu-satu ronde. Pda ronde ketiga tampaknya hidung Ali mengeluarkan darah.
Kira-kira 12.000 orang hadir untuk menonton pertarungan tersebut.

Ali yang bulan Maret lalu dikalahkan Norton dan dipukul patah rahangnya oleh Norton, pada pertarungan ini hanya dapat mengimbangi lawannya ronde demi ronde, silih berganti.

Pada ronde ke-10, Ali mengkonsentrasikan serangan pada kepala Norton dan ia berhasil melukai bagian bawah mata kiri lawannya. Namun ronde ini dimenangkan Norton yang memperoleh angka melalui dua “body shoot” (pukulan ke badan) yang keras yang tampaknya menggoyahkan Ali.

Serangan Kilat
Ali yang agaknya sadar bahwa ia diancam bahaya kekalahan yang akan menamatkan karirnya dalam ronde ke-12 langsung meyerbu dengan kedua kepalannya dan hampir tidak pernah berhenti memukul selama 3 menit itu dalam waktu mana ia mengacaukan Norton. “Serangan kilat” dalam ronde terakhir ini ternyata membawa hasil dan menempatkan Ali sebagai penantang utama terhadap juara dunia kelas berat George Foreman.

Wasit John Thomas memberi Alli enam dan Norton lima angka. Cara menghitung skor adalah : pemenang sebuah ronde memperoleh satu angka dan yang kalah mendapat nol. Wasit Diek Young memberi Ali kemenangan 7-5, sementara wasit George Latka menangkan Norton dengan angka 6-5. associated Press sendiri memberikan kemenangan kepada Norton yang unggul dalam ronde ke 4, 5, 7, 8, 10 dan 11.

Sesudah pertandingan Thomas mengatakan ia sampai ronde ke-11 telah memberi angka 5 kepada masing-masing petinju. Terlebih ronde ke-10 dan 11 sangat berbahaya bagi Ali.

Pukulan keras dari Norton mematahkan perlawanan Ali yang dibuat menjadi tidak berdaya. Untung bagi Ali bahwa ia benar melakukan persiapan mendalam menghadapi pertandingan.
0178
Kondisi Baik
Banyak pengamat mengatakan Ali berada dalam kondisi yang terbaik. Kondisinya inilah yang menolong Ali sehingga terhindar dari kekalahan. Norton yang timbangan badan menunjukkan 93 Kg terus-menerus menambah tekanan dan lebih banyak menghantam badan Ali. Walaupun demikian, tidak tampak bahaya bahwa salah satu akan dapat dipukul KO oleh lawannya.

Ali dapat Rp. 100 juta
Kekalahan ini merupakan pukulan berat bagi Norton, seorang petinju profesional yang berumur 28 tahun yang selama 7 tahun menjadi petinju bayaran tidak banyak mendapat perhatian walaupun telah memenangkan 30 diantara 31 pertandingan. Petinju yang bermukim di San Diego ini tetap memperhatikan permainan yang bermutu.

Penonton bersorak kecewa ketika hasil pertandingan menyatakan Ali sebagai pemenang. Ali mendapatkan $275.000 (kira-kira 100 juta rupiah lebih) ditambah 35% dari penghasilan pertandingan yang disiarkan melalui televisi siaran terbatas ke 225 tempat diseluruh Amerika Serikat.

Norton mendapat $200.000 (kira-kira 80 juta) ditambah dengan 30% dari hasil pertandingan tersebut. Bayaran tertinggi sebelumnya bagi Norton adalah ketika ia pertama kali melawan Ali dimana ia memperoleh $50.000 (Rp. 20 juta).

Komentar Foreman
Sementara itu, George Foreman, juara dunia kelas berat, Senin malam sebelum pertandingan Ali – Norton mengatakan bahwa dua penantang berikutnya adalah Jerry Quarry dan Joe Frazier.
“Saya akan berhadapan dengan Quarry dalam bulan November dan tidak menjadi soal dimana”, Foreman mengatakan.

Quarry dari Bellflower, California, telah memukul KO Tony Doyle dalam ronde ke-4 dalam pertandingan yang mendahului pertarungan Ali – Norton. “Sesudah itu saya akan berkelahi melawan Frazier lagi kalau kita berdua sama-sama beruntung dan bisa bertemu lagi”, Foreman mengatakan mengenai orang yang ia kalahkan utuk menjadi juara pada permulaan tahun ini.
“Saya akan menghadapi Frazier kira-kira pada tanggal 1 Desember, mungkin di Brazil”. (AP/J-05)