1000 Orang Terbunuh

Dalam Kudeta Di Chili

1000 Orang Terbunuh

Mexico Tawarkan Suaka Politik

Santiago, 13 September 1973 – Pertempuran berkobar hari Rabu antara pasukan bersenjata dan buruh pabrik yang menentang kudeta militer yang menggulingkan Presiden Salvador Allende hari Selasa.

Perkiraan tak resmi pertama mengatakan telah terbunuh sejak kudeta berdarah itu dilancarkan 24 jam yang lalu.
Sebegitu jauh belum ada pengumuman resmi bahwa Allende telah mati, sekalipun seorang wartawan foto harian El Mercurio, satu-satunya yang diperbolehkan terbit hari Rabu oleh pihak junta militer, mengatakan ia melihat sendiri mayat Allende berlumuran darah di kantornya. Wartawan itu mengatakan Allende bunuh diri dengan sebuah senapan mesin.

Tembakan senapan terdengar di jalan-jalan lengang di ibukota Rabu pagi. Sejumlah penembak tersembunyi melakukan tembakan dari gedung dan pohon. Para wartawan yang berada di jalan mengatakan pasukan junta menembak mati penembak gelap yang tertangkap.

Seorang wartawan UPI mengatakan suatu tembak-menembak seru terjadi antara pasukan bersenjata dan buruh disebuah pinggiran ibukota Rabu pagi.

Korban
Sejumlah orang telah terbunuh dan kira-kira 30 orang lainnya luka-luka dalam pertempuran ketika dilancarkan kudeta militer di Chili dari Selasa, demikian stasiun radio Chili, yang berhasil ditangkap di Mendoza, mengatakan hari Rabu.

Radio Mineria, mengatakan bahwa Kedutaan Besar Meksiko telah memberikan suaka pada para pengungsi yang tidak dijelaskan identitasnya.
IMG_0187
Tembak kapal
Pesawat terbang dan sebuah kapal perang Chili menyerang kapal dagang Kuba di lepas pantai Chili hari Selasa dan berusaha memaksa kembali ke pelabuhan Valparaiso, demikian menurut kantor berita resmi Kuba, Presna Latina yang mempunyai kantor di Mexico City.

Berita mengenai korban yang jatuh pdaa kapal barang Kuba itu tidak diperoleh.
Presiden Mexsiko Luis Echaverria hari Selasa menwarkan suaka politik pada Presiden Chili, Salvador Allende, jika berita mengenai kematiannya itu tidak dikuatkan beserta para anggota keluarganya.

Kedutaan Besar Mexsiko di Chili telah menerima instruksi untuk memberikan suaka kepada keluarga Allende, Presiden Echaverria juga mengatakan tawaran itu juga disampaikan pada para pengikut Allende.

Putuskan hubungan
Sementara itu Junta Militer Chili mengumumkan Selasa malam, telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Kuba dan negara komunis lainnya.

Sebuah pengumuman militer lewat radio Chili yang berhasil ditangkap di Buenos Aires, Argentina, mengatakan bahwa hubungan tetap dipertahankan dengan negara-negara sedunia kecuali negara tersebut diatas. (Ant)