Tour Operator Tiongkok Jelajah Belitung

Tour Operator Tiongkok Jelajah Belitung

Para tour operator dari Tiongkok sedang menyaksikan pengolahan ikan di Kampung Nelayan Tanjung Binga, Belitung, Rabu (9/8). (SHNet/stevani elisabeth)

SHNet, Belitung- Sebanyak 7 tour operator dari Tiongkok mengikuti Familiarization Trip (Fam Trip) ke Belitung. Mereka selama tiga hari, 9-11 Agustus menjelajahi bumi “Laskar Pelangi”.

Fam trip atau post tour diikuti 84 peserta dari travel agent atau tour operator, dan media/travel jourinalist dari ASEAN, Tiongkok, Hongkong, Malaysia, Jepang, Kuwait, UEA, Bangladesh, dan India mengikuti undangan dari 6 perusahaan airlines yakni; Garuda Indonesia, Thai Airways, Singapore Airlines, Philippine Airlines, Royal Brunei, dan Air Asia. Kegiatan fam trip dimulai dengan Jakarta city tour kemudian dilanjutkan ke destinasi Belitung, Bandung, Solo, Yogyakarta, Bali, dan Malang.

Rabu (9/8) para tour operator dari Tiongkok ini mengunjungi Kampung Nelayan di Tanjung Binga dan Pantai Tanjung Tinggi yang merupakan lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Untuk kuliner, lidah mereka dimanjakan dengan Mie Atep yang legend di Belitung dan menyantap gangan (gulai kepala ikan) di Kampong Dedaun.

Hari kedua di Belitung, para tour operator Tiongkok ini akan mengunjungi beberapa pulau diantaranya, Pulau Lengkuas, Pasir, Burung, Batu Berlayar dan Kelayang.

Kasubid Perjalanan Wisata Pengenalan Minat Khusus dan MICE Kementerian Pariwisata Lilis Fauziah kepada SHNet menjelaskan, Belitung merupakan destinasi bahari/pantai yang sangat digemari oleh pasar Tiongkok.

Oleh sebab itu, tour operator dari Tiongkok ini diajak berkunjung ke Belitung guna melihat pantai-pantai yang eksotik di daerah ini. “Tujuannya, Kemenpar ingin memperkenalkan dan mempromosikan destinasi Belitung kepada travel agen/tour operator dari Tiongkok melalui kegiatan Fam Trip,” kata Lilis.

Harapannya, setelah mengikuti trip tersebut, mereka dapat membuat paket produk wisata baru Belitung untuk dijual ke pasar Tiongkok. (Stevani Elisabeth)