“Teleportasi Biologi” dapat Mengirim Kehidupan ke Planet Lain

“Teleportasi Biologi” dapat Mengirim Kehidupan ke Planet Lain

3
0
SHARE
Ilustrasi / extremetech.com

SHNet, California – Di dunia maju yang serba canggih saat ini proses pengiriman data melalui email mungkin sudah tidak asing lagi. Bagaimana menyisipkan gambar, dokumen, dan file-file lain dalam pengiriman surat-menyurat secara digital menjadi rutinitas dalam kehidupan modern sehari-hari. Tapi bagaimana jika konsep digital tersebut di masa depan dikembangkan lebih luas lagi secara nyata untuk memindahkan bentuk kehidupan dari satu tempat ke tempat lain?

Sebuah perusahaan swasta yang bertempat di La Jolla, California, dan fokus dalam bidang pengembangan synthetic biology baru-baru ini telah meluncurkan versi eksperimental “konverter digital-ke-biologis.” Semua kebutuhan alat ini adalah data, dan dapat membangun virus yang bekerja. Teknologi ini memungkinkan para ilmuwan untuk men-“teleport” kehidupan di seluruh dunia atau di seluruh bintang.

Pencarian untuk membuat mesin yang mencetak kehidupan dimulai pada tahun 2013, ketika perusahaan tersebut, Synthetic Genomics, ditugaskan untuk mensintesis sampel strain baru virus flu. Virus itu muncul di Tiongkok, dan ilmuwan memasukkan kode genetik secara online. Strain baru flu memiliki pola protein yang berbeda pada permukaannya yang disebut hemagglutinin dan neuraminidase. Dari kedua nama itulah kita mendapatkan kode H dan N dalam nama internasional. Dalam kasus ini, strain itu adalah H7N9. Protein inilah yang dapat dilihat sebagai sistem kekebalan tubuh, jadi strain tersebut juga sangat diperlukan untuk produksi vaksin.

Synthetic Genomics menggunakan secara online kode H7N9 untuk menghasilkan sampel yang diperlukan dalam dua hari tanpa pernah melihat virus sebenarnya. Saat itulah Dan Gibson, wakil presiden DNA Technology, bertanya-tanya apakah ada cara untuk membangun semua teknologi itu menjadi satu perangkat. Dengan demikian, mimpi konverter digital-to-biologis bisa terwujud.

Inti dari konverter digital-ke-biologis adalah mesin Synthetic Genomics yang disebut BioXp3200, sebuah “printer DNA” yang dijual kepada para periset yang ingin membuat DNA sintetis. Makalah yang dipublikasikan di Nature Biotechnology menggambarkan bagaimana perlengkapan yang ditingkatkan dapat menghasilkan DNA, RNA, dan protein, yakni semua hal yang dibutuhkan untuk membangun sebuah virus. Perusahaan tersebut juga sudah menciptakan strain influenza dan bakteriofag (virus yang menargetkan bakteri). Yang penting, semua kebutuhan konverter digital-to-biologis adalah data, dan segala sesuatu terjadi secara otomatis tanpa pengawasan manusia.

Yang bisa diperdebatkan adalah apakah virus dianggap sebagai “kehidupan”, namun tim di Synthetic Genomics yakin bahwa mesinnya akan segera dapat menghasilkan organisme hidup yang pasti. Salah satu calon kandidat biologi sintesis adalah itu adalah “sel minimal”, suatu organisme yang dirancang oleh Synthetic Genomics dengan menggunakan hanya 437 gen (- sementara manusia memiliki sekitar 20.000).

Meski kata “teleportasi” sebenarnya tidak cocok menggambarkan proses pengiriman tersebut yang sejatinya merupakan peng-copy-an data DNS sintesis, tujuan dari proses itu adalah untuk mentransmisikan organisme hidup dari satu tempat ke tempat lain sebagai data, yang bisa sangat berguna saat manusia terus menjelajahi Mars dan lokasi lain di tata surya. Craig Venter, pendiri  Synthetic Genomics, dilaporkan telah berbicara dengan Elon Musk, CEO dan pemimpin proyek di Space Exploration Technologies (SpaceX), tentang men’teleportasi’ bakteri terraforming ke Mars.

Saat ini, mesin prototipe dari Synthetic Genomics masih perlu diperbaiki sebelum cita-cita mengirim ‘kehidupan’ ke Mars akan terjadi. tingkat kesalahannya terlalu tinggi saat ini, yang menyebabkan tingkat mutasi yang tidak dapat diterima. Penyusutan ukuran perangkat tersebut juga akan sangat membantu, mengingat saat ini ini lebih merupakan sekelompok mesin daripada satu mesin. Mungkin setelah beberapa tahun, kita baru akan dapat mengirim sebuah email bakteri. (HNP)