Presiden Nixon Akan Dibunuh ?

Presiden Nixon Akan Dibunuh ?

Pemuda Topping (27 Tahun) Cari Pembunuh Sewaan

Jakarta, 12 Agustus 1972 – Seorang pemuda telah ditangkap pada hari Jum’at atas tuduhan telah berusaha mengatur rencana pembunuhan terhadap Presiden Nixon.
Andrew B. Topping, 27 tahun, ditahan dengan jaminan tebusan sebesar 500.000 dollar atas tuduhan mengancam dan berusaha membunuh Presiden AS.

Topping dengan mengenakan jas kotak-kotak, tenang menjawab setiap pertanyaan ketika ia dihadapkan di depan Hakim Muda AS Martin D. Jacobs di ruang pengadilan di lapangan foley.
Jaksa pembantu AS William B. Gray mengatakan bahwa Topping bertemu pada Kamis malam dengan seorang agen rahasia yang menyamar, Stewart J Henry yang akan bertindak sebagai pembunuh sewaan dan merundingkan sesuatunya untuk membunuh Presiden.

Akhirnya Topping ditangkap di Central Park Boat Basin ketika ia menyerahkan uang sebesar 1.000 dollar kepada agen yang menyamar tersebut.0099

Mau ketemu Presiden
Menurut Gray, kira-kira seminggu yang lalu Topping mengajukan permintaan untuk menemui dan berjanji kepada Presiden, hal mana menimbulkan kecurigaan yang terus-menerus bagi petugas intel.

Jaksa ini mengatakan bahwa beberapa hari sebelumnya, seorang teman dari Topping mendatangi petugas rahasia dan menyatakan bahwa Topping telah minta padanya untuk mencari seseorang yang bersedia disewa untuk membunuh Presiden.

Selanjutnya Gray mengatakan bahwa Henry telah ditunjuk untuk seolah-olah bertindak sebagai pelakunya dan Kamis malamnya ia bertemu dengan Topping serta seorang teman yang tidak disebutkan namanya yang telah menghubungi polisi rahasia.

Isterinya mati
Larry Greenberg, seorang pengacara yang mewakili tertuduh dalam penahanan ini, mengatakan selama ini Topping bertempat tinggal di apartemen di West End Avenue bersama dengan ibunya, Ny. Sophia Topping dan seorang putra yang baru lahir lima minggu yang lalu, demikian keterangan Gray.

Sementara itu Gray menyampaikan kepada hakim bahwa istri Topping belum lama ini meninggal dalam keadaan yang misterius. Dikatakannya bahwa ketika polisi masuk ke tempat tinggalnya ditemukan oleh mereka beberapa pucuk senjata api yang kemudian disita dan Topping ditangkap.

Dalam persoalan ini pemuda tersebut akhirnya dibebaskan karena ia telah memberikan pengakuannya atas tuduhan yang terdahulu.
Gray, yang menuntut jaminan tahanan sebesar 600.000 dollar, mengatakan bahwa Topping baru-baru ini telah terbukti menghambur-hamburkan uang untuk kepentingan pengawal pinkerton. Jaksa tidak mengatakan mengapa Topping menyewa petugas pengawal pribadi.

Topping yang berdiri di depan Hakim dengan tangan diborgol, menyatakan kepada Jacobs, dengan suara rendah dan jelas bahwa ia akan diwakili pada sidang berikutnya, yang menurut Jacobs akan diselenggarakan tanggal 21 Agustus nanti. (SH/AP/KNI)