KPK Geledah Ruang Kerja Walikota Malang, Juga Segel Ruangan Kadis PUPR

KPK Geledah Ruang Kerja Walikota Malang, Juga Segel Ruangan Kadis PUPR

2
0
SHARE
Sekda Kota Malang Wasto mendampingi penyidik KPK memeriksa ruang kerjanya / ist
SHNet,  Malang – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (9/8) mendadak menggeledah sejumlah intansi di Pemkot Malang. Sekitar pukul 12.10 wib, sekitar delapan penyiik KPK menggeledah menggeledah lantai dua Balaikota Malang di Jl Tugu No.1 Kota Malang,  Sejumlah ruangan diperiksa, antara  lain,  ruangan Walikota Malang, Wakil Walikota (Wawali)  Malang dan Sekretaris Daerah (Sekda), serta asisten Sekda Kota Malang. Hingga kini pemeriksaan masih berlangsung.
Penggeledahan di lantai dua balaikota malang itu berlangsung tertutup dan mendapat penjagaan ketat dari aparat kepolisian dan Satpol PP. Belum ada keterangan resmi dari petugas KPK maupun pihak pemkot Malangsementara puluhan awak media masih menunggu di lobby lantai  dua Balaikota.
Sekitar pukul 14.00 WIB, Wawali Sutiaji tiba di Balaikota. Dia mengaku tak tahu menahu tentang adanya penggeledahan di Balaikota. ‘’ Saya ada giat di luar,’’ ujarnya sembari melintasi lobby menuju ruangannya.
Sekitar 30 menit kemudian, Sutiaji keluar ruangannya., menuju mobil dinas yang terparkir di halaman balaikota.  Sutiaji mengaku hendak ke Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk menjadi pembicara Diskusi Publik Menyoal Hak Angket KPK bersama Juru Bicara KPK Febri Diansyah.
‘’Saya tidak tahu apa yang dicari. Apa yang ada di ruangan diambil, dilihat, difoto,’’ jelas Sutiaji, saat meninggalkan Balaikota.
Geledah Dinas PUPR
Selain menggeledah Balaikota, tim penyidik KPK lainnya  menggeledah kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) di Jl Bingkil No. 1 Kecamatan Sukun Kota Malang. Sejak pukul 09.30 Wib, tim KPK dipimpin Christian itu memeriksa empat ruangan, yakni ruang kerja Kadis PUPR, ruang rapat , ruang Sekretaris Dinas dan ruang Biang Tata Ruang.
‘’Mereka izin mencari data. Kami persilahkan,’’ jelas Kadis PUPR, Hadi Santoso, usai penggeledahan KPK.
Menurut Sony, panggilan akrab Hadi Santoso, penyidik KPK meminta dirinya menunjukkan sejumlah dokumen serta laptop miliknya. Setelah itu, dirinya iminta meninggalkan ruang kerjanya.
Sementara, juru bicara KPK Febri Diansyah membenarkan, bila penyidik KPK sedang menangani sejumlah kasus korupsi di Jawa Timur, termasuk di Malang.
‘’Banyak kasus yang sedang ditangani KPK. Termasuk di Malang. Di Jawa Timur, lalu kasus Pamekasan,’’ jelas Febri, saat menjadi pembicara dalam diskusi public ‘Menyoal Hak Angket KPK’ di kampus 2 UMM.
Ditanya lebih lanjut mengenai penggeledahan KPK di jajaran instansi di Pemkot Malang, Febri menolak memberikan keterangan . ‘’Saya sudah bikin perjanjian dengan panitia (diskusi public),  agar pertanyaannya tiak melebar dari diskusi, Nanti diskusi sendiri saja,’’ dalihnya,(eka susanti)