Konvensi Larangan Perang Kuman

Nixon Minta Senat AS Pertimbangkan

Konvensi Larangan Perang Kuman

2
0
SHARE

Washington, 11 Agustus 1972 – Presiden Nixon hari Kamis mengirim kepada Senat untuk dipertimbangkan sebuah persetujuan internasional yang melarang perang kuman dan mengakhiri perkembangan produksi dan penyimpanan senjata kuman dan racun.

Nixon menggambarkan konvensi itu, yang telah ditandatangani oleh kira-kira delapan puluh negara termasuk Amerika Serikat dan Uni Sovyet, sebagai persetujuan pertama sejak perang dunia ke II yang akan menyajikan penghapusan sebenarnya dari satu kelompok senjata dari persenjataan bangsa-bangsa.

Ia mengatakan penghancuran yang aman dari persediaan senjata semacam ini di AS diharapkan akan selesai selambat-lambatnya akhir tahun ini.

Nixon mengatakan persetujuan ini, hasil dari tiga tahun berunding dan perdebatan di konferensi pelucutan senjata Jenewa dan perserikatan bangsa-bangsa akan menjamin keselamatan Amerika Serikat dan masyarakat dunia.

Persetujuan itu akan di ratifikasi oleh 22 negara, termasuk ketiga ko-sponsornya Amerika Serikat, Uni Sovyet dan Inggris.
Pada bulan November 1969, Nixon mengumumkan bahwa AS secara unilateral menolak cara biologis  untuk berperang dan akan menghancurkan persediaan (stoknya) yang ada dari senjata semacam ini.

Pada awal 1970 AS juga mengutuk penggunaan racun-racun yang merupakan zat kimia beracun yang dihasilkan oleh organisme hidup dan akan menyebabkan akibat serupa dengan apabila dijangkiti oleh organisme berbahaya.0098-1

Konvensi untuk mana Nixon sekarang sedang mencari persetujuan Senat untuk diratifikasi mengatakan bahwa negara yang turut menandatangani tidak boleh memperkembangkan, memproduksi, menyimpan, mendapatkan atau memelihara  agen biologis untuk racun-racun, dari macam dan jumlah yang tidak didapat dibenarkan menurut ukuran kegunaan damai, juga dilarang untuk membuat senjata atau alat pelempar yang dirancang untuk memakai agen tersebut dalam pertentangan bermusuhan dalam konflik bersenjata.

Dalam pesannya yang dikirimkannya kepada Senat, Nixon mengatakan bahwa seluruh stok dari agen semacam ini di persenjataan Pine Bluff di Arkansas telah dihancurkan dan bahwa bekas tempat penyelidikan biologi disana sekarang telah menjadi pusat yang baru untuk riset atas efek buruk zat kimia pada lingkungan.

Ia juga menunjukkan bahwa bekas pusat riset biologi militer di Fort Detrick, sedang dirubah untuk dijadikan pusat riset kanker. (SH/AP)

0098-1