Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 Digelar Akhir Pekan

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 Digelar Akhir Pekan

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Walikota Bandung Ridwan Kamil saat jumpa pers Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017, di Jakarta, Selasa (22/8). (Dok. Humas Kemenpar)

SHNet, Jakarta- Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 yang merupakan puncak perayaan 17 Agustus dan penutupan dari bulan kemerdekaan tahun ini akan digelar di Bandung, Sabtu (26/8).

Dengan mengusung tema “Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama”, event ini melibatkan 1.200 peserta berlatar belakang seniman dan berbagai komunitas anak muda di Jawa Barat serta perwakilan dari berbagai daerah penyelenggara festival se-Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, karnaval kemerdekaan tahun ini merupakan karnaval yang ketiga kalinya setelah Karnaval Kathulistiwa di Pontianak pada 2015 dan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Parapat dan Balige pada 2016.

“Bandung dikenal sebagai kota kreatif dan budaya. Pemilihan bandung sebagai tempat penyelenggaraan akan semakin menguatkan posisi Bandung sebagai tempat destinasi karnaval berkelas dunia,” ujar Arief Yahya, di Auditorium Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Selasa (22/8).

Menurutnya, karnaval kemerdekaan muncul menyambut ide Presiden Joko Widodo yang ingin agar kegiatan tersebut tidak hanya berpusat di Jakarta, namun diselenggarakan dari satu daerah ke daerah lain.

Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, ada 1.000 mojang Bandung akan ikut serta dalam karnaval tersebut dengan mengenakan busana khas Jawa Barat. Selain itu, Kang Emil sapaan Ridwan Kamil juga telah mengerahkan seluruh warga Bandung untuk menyelenggarakan tradisi Jawa Barat.

“Kami ingin bawa pesan kemerdekaan selain serius di upacara bendera, tapi kebhinekaannya di karnaval ini,” ujarnya.

Sementara itu, budayawan penggagas, pelaksana dan kurator Karnaval Aat Suratin menjelaskan dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan akan menampilkan beragam ekspresi budaya yang tercermin dari kostum peserta, juga seni tari, musik dan rupa yang ditampilkan.

Karnaval akan dimulai pukul 09.30 WIB dengan panjang lintasan karnaval keseluruhan 3,8 Km. Presiden dan Ibu Negara dijadwalkan akan mengikuti karnaval tersebut dengan menaiki Kereta Pancasila, mobil hias yang dirancang oleh lima seniman asal Bandung.

Ia menambahkan, karnaval ini juga melibatkan penyelenggara karnaval-karnaval di Indonesia seperti Jember fashion Carnaval, Solo Batik Carnival dan Tomohon International Flower Festival.

Penyelenggara Jember Fashion Carnival Dinand Fariz mengatakan, pihaknya akan menampilkan koleksi-koleksi kostum yang menang di tingkat dunia. (Stevani Elisabeth)