Israel, Rusia dan AS Gelar Pertemuan Rahasia Bahas Gencatan Senjata

Israel, Rusia dan AS Gelar Pertemuan Rahasia Bahas Gencatan Senjata

ilustrasi / carnegiecouncil.org

SHNet, TEL AVIV – Israel, Amerika Serikat dan Rusia mengadakan serangkaian pertemuan rahasia awal bulan lalu di Amman dan di ibukota Eropa mengenai gencatan senjata di Suriah selatan.

Partai-partai tersebut berfokus pada pembentukan “zona aman” di perbatasan Suriah-Israel dan Suriah-Yordania, menurut pejabat Israel dan diplomat Barat. Demikian media massa Israel terbitan Tel Aviv, melaporkan, Kamis (10/8/2017).

Pada pertemuan tersebut, yang diadakan beberapa hari sebelum Rusia dan Amerika Serikat mengumumkan kesepakatan gencatan senjata tersebut, Israel mengajukan banyak keberatan atas kesepakatan tersebut, dengan mengatakan bahwa kedua negara tidak cukup memperhatikan pentingnya menyingkirkan pasukan Iran dari Suriah.

Pejabat Israel dan diplomat Barat yang meminta untuk tetap anonim mengatakan kepada Haaretz memimpin diplomat dan pejabat keamanan dari Israel, Rusia dan Amerika Serikat ikut serta dalam perundingan tersebut.

Tim Israel termasuk perwakilan tertinggi Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Mossad dan Pasukan Pertahanan Israel. Tim Amerika dipimpin oleh utusan khusus Presiden Donald Trump di Suriah, Michael Ratney dan Brett McGurk. Tim Rusia dipimpin oleh utusan Presiden Vladimir Putin di Suriah, Alexander Lavrentiev. (Aju)