Dovizioso Menangkan Balapan Sengit di Sirkuit Spielberg

Dovizioso Menangkan Balapan Sengit di Sirkuit Spielberg

Andrea Doovizioso / motogp.com

SHNet, Spielberg – Andrea Dovizioso kembali tampil memukau dengan mencapai podium pertama di GP Austria, MotoGP 2017, Minggu (13/8). Memulai balapan dari posisi start kedua, DesmoDovi sukses memacu motor Ducatinya mempecundangi dua pembalap Repsol Honda di tujuh lap terakhir. Balapan semakin mendebarkan hingga di lap terakhir saat pertarungan sengit antara Dovizioso dan Marquez terjadi di tikungan 10 sebelum pembalap Italia berusia 31 tahun itu menutup peluang Marquez memenangkan balapan.

Balapan bernama resmi NeroGiardini Motorrad Grand Prix von Österreich ini dibuka dengan Jorge Lorenzo yang start dari posisi tiga tampil menyengat di awal lomba. Motor Desmosedici GP17 yang dikendarainya terbukti mempunyai akselerasi awal yang lebih baik di kecepatan bawah dan memimpin balapan di depan Marc Marquez dan para pembalap lainnya.

Dua lap baru berjalan sirkuit Red Bull Ring sudah memakan korban, saat Pol Espargaro dari tim KTM Red Bull harus keluar balapan lebih awal akibat kerusakan mesin. Jonas Folger dari Monster Yamaha Tech3 menyusul Espargaro satu lap kemudian, sementara  di kloter terdepan, Maverick Vinales harus tercecer ke urutan tujuh akibat gagal mengambil alih posisi empat dari Valentino Rossi.

Namun balapan kali ini bukanlah tentang dua pembalap Yamaha Movistar, tapi duel antara tim Repsol Honda dengan Ducati. Meski tim Yamaha lainnya, Monster Tech3 sempat menjanjikan lewat penampilan stabil Johann Zarco yang mencatatkan waktu tercepat tapi hingga balapan usai tidak ada motor Yamaha bertengger di empat besar.

Hingga lap ke tujuh Lorenzo masih perkasa memimpin balapan, walau sempat akan dikudeta Marquez yang gagal mempertahankan akselerasi motornya sehingga sempat turun ke posisi ketiga akibat disalip Dovizioso. Namun dua lap berikutnya sang juara bertahan akhirnya mampu memaksa dua pembalap Ducati untuk bertarung rapat dan memaksa Lorenzo turun ke posisi tiga. Sementara itu memasuki satu lap kemudian Zarco berhasil merebut empat besar dari Rossi.

Pembalap Yamaha Movistar asal Italia tersebut semakin tidak dapat mempertahankan posisinya saat Pedrosa tiba-tiba menusuk dari posisi enam untuk mengambil alih tempat Zarco di urutan ke-4, sedangkan Vinales menguntit Zarco dan memaksa Rossi tercecer ke posisi 7.

Pertarungan antara Repsol Honda vs Ducati semakin menggila di 11 lap terakhir, bergantian Marquez dan Dovizioso memimpin balapan dan berusaha mengendalikan akselerasi motor mereka. Teknik pengereman, kondisi ban, dan akselerasi motor sangat menguras konsentrasi pembalap di sirkuit Spielberg yang saat itu suhu treknya mencapai 30 derajat Celsius.

Tersisa tujuh lap lagi, Lorenzo gagal bersaing di urutan terdepan dan terpaksa merelakan posisinya diambil alih Pedrosa, sehingga membuat Dovizioso bertarung sendirian menghadapi duo pembalap Repsol Honda. Namun konsentrasi Dovizioso, juara kelas 125cc di tahun 2004, sangat berkelas dengan mempertahankan akselerasi motornya meninggalkan Pedrosa dan juga Marquez. Puncaknya terjadi di tikungan 10 lap terakhir dimana Marquez berusaha memaksa masuk motornya namun berhasil disiasati dengan apik oleh pembalap bernomor 4 tersebut hingga ke garis finis.

Marc Marquez masih memimpin klasemen sementara dengan perolehan poin 174 diikuti Andrea Dovizioso ditempat kedua dengan selisih 16 angka, sementara Vinales membuntuti di urutan ketiga dengan nilai 150. (HNP)