Domba Garut Bakal Bergaya di Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan

Domba Garut Bakal Bergaya di Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan

Domba Garut bakal memeriahkan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan yang digelar Sabtu (26/8). (Ist)

SHNet, Bandung- Selalu ada yang unik dalam karnaval kemerdekaan. Pada Karnaval Kemerdekaan ke-71 di Balige dan Parapat, Sumatera Utara, seluruh warga diajak berpesta dengan menggunakan pakaian adat Batak lenngkap dengan ulos dan mengeksplor keindahan Danau Toba bersama dengan Presiden RI Joko Widodo.

Tahun ini, Karnaval Kemerdekaan diselenggarakan di Jawa Barat dengan nama Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan. Pesta rakyat ini akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, Sabtu (26/8).

Uniknya, bukan hanya manusia yang ikut pesta rakyat tersebut, tetapi juga hewan. Kali ini, domba-domba Garut akan bergaya di catwalk Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan. “ Domba-domba Garut ini akan ikut karnaval sejauh 400 meter saja. Ini baru pertama kali domba ikut karnaval,” kata Pimpinan Komunitas Domba Garut Yudi Guntara.

Menurutnya, domba Garut merupakan budaya Jawa Barat. Awalnya, domba Garut ini merupakan kegiatan para peternak domba yang selalu menyelenggarakan seni tangkas yang dikenal dengan adu domba.

Domba Garut merupakan domba yang gagah dengan tanduk dan badanya yang kokoh. Apalagi bila domba-domba tersebut dikenakan baju gongseng.

Tahun lalu, Presiden Jokowi mengundang komunitas peternak domba Garut berkunjung ke Istana Bogor. Alhasil bukan hanya peternak yang hadir, 1000 domba Garut pun hadir ke Istana. (Stevani Elisabeth)