Belitung Paling Pas untuk Wisman Tiongkok

Belitung Paling Pas untuk Wisman Tiongkok

2
0
SHARE
Para tour operator dari Tiongkok saat berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi di Belitung, Rabu (9/8). (Dok. Kementerian Pariwisata)

SHNet, Belitung- Belitung merupakan destinasi wisata yang terkenal dengan pantai-pantainya yang eksotik.

Pasir putih, hamparan granit dan gradasi warna lautnya berpadu serasi. Panorama alam tersebut membuat para wisatawan mancanegara (Wisman) khususnya dari Tiongkok terpesona.

Chen Yong, salah seorang tour operator dari Tiongkok sekaligus peserta Fam Trip mengaku, meski baru beberapa jam berada di Negeri “Laskar Pelangi”, ada beberapa yang membuat dia dan teman-temannya kagum dengan destinasi wisata yang satu ini.

Menurutnya, memiliki laut yang masih biru, udara yang masih segar dan tidak macet. “Wisatawan Tiongkok memang lebih senang ke pantai. Apalagi tipikal pantai di Belitung tidak kalah dengan Bali dimana pasirnya putih dan lautnya biru,” kata Chen Yong saat makan malam tradisional di rumah adat Belitong, Rabu (9/8).

Selain itu, transportasi sudah lengkap sehingga hal ini sangat baik untuk mendukung pariwisata di Belitung. Terkait dengan kuliner, dia mengusulkan agar menu yang disajikan disesuaikan dengan lidah orang Tiongkok.

“Kami sudah mencoba menu restoran di sini. Namun ada menu yang rasanya terlalu manis. Kalau ada menu yang pas dengan orang Tiongkok, lebih bagus lagi,” ujarnya.

Karena wisman dari negeri tirai bambu banyak yang suka ke pantai, Chen Yong mengusulkan agar hotel-hotel berbintang dibangun di tepi pantai.

Sementara itu, Pelaksana Harian Ketua ASITA Bangka Belitung Karmila Santy menambahkan, Belitung memiliki pantai yang tidak biasa.

“Kita mau tonjolkan ini kepada wisman Tiongkok bahwa Belitung destinasi wisata yang paling pas buat mereka. Kombinasi granit, pasir putih dan laut yang landai, itu hanya ada di Belitung,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto menambahkan, kunjungan wisman Tiongkok ke Belitung dari tahun ke tahun terus meningkat. Meski demikian, dia tidak merincikan jumlahnya.

Namun dari Januari 2017 hingga saat ini jumlah wisman yang berkunjung ke Belitung sekitar 4000 orang. “Wisman asal Tiongkok termasuk tiga besar terbanyak yang berkunjung ke sini,” tuturnya. (Stevani Elisabeth)