Ananda Sukarlan Meriahkan HUT RI ke-72 dengan Menggelar Konser

Ananda Sukarlan Meriahkan HUT RI ke-72 dengan Menggelar Konser

Foto: Ananda Sukarlan

SHNet, Jakarta – Komponis terkemuka Ananda Sukarlan akan tampil bersama dalam sebuah konser menggandeng musisi Australia Djakapurra Munyarrun memperingati Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Jakarta.

Menurut Ananda Sukarlan, konser ini gratis karena merupakan bentuk penghargaan atas perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan serta merayakan hubungan dengan negara Australia yang terus tumbuh.

“Saya ingin sekali mengundang Anda untuk datang ke konser kami yang kali ini GRATIS karena memang hadiah dari pemerintah Australia untuk merayakan Kemerdekaan RI. Ini orkes simfoni, yang juga digabungkan dengan pemusik-pemusik tradisi Aborigin yang didatangkan dari Nhulunbuy, Australia Utara. Juga ada karya-karya Ismail Marzuki yang dijadikan karya orkes dengan piano,” ajak Ananda Sukarlan.

Konser bertajuk “Voyage to Marege” itu akan digelar pada 31 Agustus 2017 di Taman Ismail Marzuki untuk merayakan ikatan antara Australia dan Indonesia. Konser ini terinspirasi dari koneksi antara masyarakat Yolngu dari Timur Laut Arnhem Land dan para pedagang Bugis dari Makassar.

Di mana, sebelumnya awal 2017, Ananda Sukarlan melakukan perjalanan ke Australia dan mengunjungi masyarakat Yolngu untuk mempelajari kebudayaan, tradisi dan musik mereka. Dalam kunjungan itu Ananda berjumpa dengan Djakapurra Munyarrun, musisi pribumi Australia yang akan tampil sebagai solois dalam konser tersebut.

Menurut Bradley Armstrong dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (8/8) konser ini menunjukkan hubungan sejarah kerja sama yang panjang antara warga Australia dan Indonesia sejak abad 18.

“Koneksi pribadi yang mendalam antara warga Australia dan Indonesia telah menjadi dasar yang kuat untuk hubungan yang kukuh antara dua negara,” kata Armstrong.

Bagi masyarakat yang tertarik silakan cek lebih lanjut informasinya di voyagetomarege.eventbrite.com.  (Siti Rubaidah)