Festival Budaya Lembah Baliem Digelar Agustus

Festival Budaya Lembah Baliem Digelar Agustus

Festival Budaya Lembah Baliem 2017 bakal digelar Agustus ini.

SHNet, Jakarta- Festival Budaya Lembah Baliem yang merupakan festival budaya tertua di tanah Papua akan digelar pada 8-11 Agustus mendatang.

Acara ini akan berlangsung di Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Tahun ini, ada 40 distrik di Kabupaten Jayawijaya yang turut berpartisipasi dalam festival yang akan digelar ke-28 kalinya tahun ini.

Dalam festival ini, beragam sajian dari masyarakat yang akan disuguhkan adalah tari tradisional hingga tari perang yang dilakukan oleh sekitar 3000 peserta, tradisi bakar batu, memainkan alat musik pikon, karapan babi, melempar sege (tombak tradisional masyarakat Papua), pameran kerajinan tradisional, hingga lomba fotografi.

“Kegiatan yang biasa kami lakukan adalah perang-perangan, bagaimana kami orang Baliem punya budaya (tari) perang. Ada tarian tradisional, karapan babi, ada sulaman tradisional untuk warisan budaya nasional,” ujar Bupati Jayawijaya John Wempi, di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) semakin meningkat setiap tahunnya ke Jayawijaya. Pada tahun lalu, jumlah yang hadir dalam festival ini ada 41.275 orang, sedangkan wisman ada 1.214 orang.

Festival Budaya Lembah Baliem diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan nusantara sebanyak 45 ribu dan wisatawan mancanegara sebanyak 1.750 tahun ini. Meski ketersediaan hotel di Wamena belum memadai, namun John menjamin wisatawan yang datang bisa menginap di rumah masyarakat setempat. (Stevani Elisabeth)