AMD Rilis Prosesor Ryzen 3 untuk Desktop Kelas Mainstream

Melengkapi Jajaran Ryzen

AMD Rilis Prosesor Ryzen 3 untuk Desktop Kelas Mainstream

Ilustrasi / zdnet.com

SHNet, California – Berangkat dari momen penting dengan diperkenalkannya arsitektur AMD “Zen” core yang disebut-sebut sebagai “Teknologi  Baru Terbaik  Tahun  Ini” oleh para reviewer, kemarin (27/7) AMD meluncurkan dua model prosesor dengan harga terjangkau dan efisiensi tinggi, yaitu prosesor desktop AMD Ryzen™ 3 — CPU AMD Ryzen™ 3 1300X dan AMD Ryzen™ 3 1200.

Kedua prosesor Ryzen™ 3 tersebut hadir dilengkapi dengan true quad-core unlocked performance untuk kebutuhan komputasi dan juga para gamer, mengikuti jejak prosesor AMD Ryzen™ 7 dan Ryzen™ 5 yang telah memenangkan berbagai penghargaan di dunia, didukung dengan ekosistem motherboard AM4 yang telah cukup besar dan terus berkembang.​

“Beberapa bulan terakhir telah menjadi periode yang sangat menarik bagi AMD dengan
peluncuran global prosesor Ryzen 7, yang didesain untuk para power user dengan kebutuhan paling menuntut sekalipun, dan perilisan Ryzen 5, yang memenuhi dan bahkan melampaui kebutuhan dari para Prosumer serius sekalipun,” kata Jim Anderson, senior vice president and general manager, Computing and Graphics Group, AMD.

Anderson menambahkan,”Ryzen 3 merupakan penambahan yang signifikan dalam jajaran prosesor desktop Ryzen™, dengan menyesuaikan performa dan respons unggul, Ryzen 3 menjadi paket yang terjangkau untuk pengguna kebanyakan. Jajaran prosesor Ryzen dari AMD menghidupkan kembali inovasi dan kompetisi di seluruh pasar PC dengan memberikan konsumer sebuah pilihan baru prosesor-prosesor yang dapat memenuhi kebutuhan komputasi mereka pada setiap rentang harga.”

Jajaran Ryzen™ mencakup dua CPU desktop 4-core, 4-thread yang telah siap untuk dijual,
keduanya mendukung platform AM4 terbaru yang ada di seluruh keluarga prosesor Ryzen
pada umumnya. Ryzen 3 1300X dan Ryzen 3 1200 dirancang untuk memberikan performa
optimal pada eSports gaming dan berbagai aplikasi komputasi.

Ryzen 3 1300X dibanderol dengan harga Rp 1.799.000 dan harga Ryzen 3 1200 adalah senilai Rp 1.499.000.

Berkat empat physical processing core-nya, Ryzen 3 1300X dan Ryzen 3 1200 menghadirkan keunggulan multiprocessing yang hebat dibandingkan para kompetitornya, dan pada waktu bersamaan juga mampu memberikan performa game yang menakjubkan. Seperti seluruh prosesor dengan socket AM4 lainnya, Ryzen 3 sudah multiplier-unlocked untuk memberikan performa yang lebih kepada para pengguna yang menginginkan kebebasan untuk melakukan overclocking.

Ryzen 3 1300X memiliki base clock sebesar 3.5 GHz, precision boost sebesar 3.7 GHz, dan
bahkan dapat mencapai clock sebesar 3.9 GHz dengan fitur XFR menggunakan premium
cooling.

Ryzen 3 1200 menggunakan base clock sebesar 3.1 GHz dan precision boost
sebesar 3.4 GHz, lalu dapat mencapai hingga 3.45 GHz XFR. Sama seperti seluruh jajaran
Ryzen™ lainnya, seluruh prosesor Ryzen memiliki sebuah fitur true artificial intelligence di
dalamnya yang menggunakan sebuah jaringan neural untuk mempelajari aplikasi-aplikasi
yang anda gunakan untuk mengirim beban kerja ke dalam jalur yang paling cepat di dalam CPU untuk mengoptimalkan performa. Sebagai tambahan, setiap prosesor Ryzen 3 sudah tersertifikasi AMD VR Ready3 berkat arsitektur mutakhir dan respons secepat kilatnya.

Kedua model AMD Ryzen 3 sudah mulai tersedia di etailers (retailer online) di seluruh dunia. Seluruh prosesor AMD Ryzen 3, Ryzen 5, dan Ryzen 7 mendukung infrastruktur AM4, dengan berbagai macam desain motherboard yang telah tersedia di pasar dari seluruh ODM terkemuka, semua dibuat berdasarkan chipset-chipset desktop untuk prosesor AMD Ryzen antara lain – X370, B350, dan A320 yang ditujukan untuk pengguna PC mainstream dengan harga yang terjangkau.

Jajaran AMD Ryzen 3 juga dilengkapi fitur Wraith Stealth cooler, yang sudah termasuk di
dalam AMD Ryzen 1300X dan Ryzen 1200. Fitur AMD thermal solution ini adalah yang paling hening, dan menjadi pilihan profil paling rendah di jajaran Wraith cooler. Sebagai tambahan, yang semulanya hanya tersedia eksklusif sebagai pre-installed thermal solution pada sistem partner tertentu, AMD hari ini juga mengumumkan bahwa Wraith Max cooler terbaik dengan LED RGB yang dapat diprogram sudah tersedia untuk penjualan perorangan seharga Rp 799.000,-. Wraith Max cooler, yang cocok pada motherboard AM4, AM3, dan FM2, cukup kuat untuk memberikan premium cooling yang dibutuhkan untuk menjalankan XFR ada Ryzen 7 1800X, 1700X, dan Ryzen 5 1600X sambil tetap menjaga level kebisingan di bawah 30dBA.2

Rilis Generasi ke-7 AMDA-Series &Prosesor Athlon untuk Socket AM4 di Seluruh Dunia
AMD juga mengumumkan perilisan prosesor desktop AMD A-Series generasi ke-7 secara
global yang sangat populer (kode nama ‘Bristol Ridge’) dan CPU AMD Athlon™ X4 untuk
socket AM4, yang menyediakan solusi prosesor pada tingkat pemula untuk platform lanjutan ini.

Dibangun untuk menghasilkan pengalaman PC yang premium dengan performa unlocked yang superior1 dan efisiensi untuk PC tingkat pemula, prosesor A-Series Gen 7 memuat grafis Radeon™ untuk performa gaming yang hebat dan sebuah arsitektur quad core untuk computing yang responsif. Pengenalan prosesor A-series Gen 7, Athlon X4, dan Ryzen™ 3 melengkapi ekosistem socket AM4 yang stabil dan matang, membuatnya menjadi satu-satunya platform yang mutakhir yang terdiri dari mulai dari CPU tingkat pemula hingga mencapai prosesor tingkat atas, Ryzen™ 7 1800X dengan 8-core/16-thread. (*)