Tutup Gim ke-5, Golden State Rebut Tropi NBA Keempat

Tutup Gim ke-5, Golden State Rebut Tropi NBA Keempat

nba.com

SHNet, Oakland – Golden State Warriors berhasil menuntaskan balas dendam atas Cleveland Cavaliers dalam trilogi akhir final NBA antara kedua tim, Selasa (13/6) WIB.
Bermain di depan publiknya sendiri, Oracle Arena, Warriors bangkit di kuarter kedua dan keempat untuk menutup pertandingan 129-120 dan menjadi juara NBA musim 2016-2017 dengan skor akhir 4-1.

Tim besutan Steve Kerr menutup kans Caveliers di gim kelima untuk mengulangi sukses musim lalu, dimana LeBron James dan kawan-kawan akhirnya mampu membalikkan keadaan setelah tertinggal 3-1. Meski sempat tertinggal 37-33 di kuarter pertama, Stephen Curry memimpin rekan-rekannya membalikkan keadaan di babak pertama dengan margin 11 poin, untuk menutup skor 60-71. Curry total mencetak 34 angka dan 10 assist.

LeBron James yang total membukukan 41 angka dan 13 rebound di kuarter ketiga mencoba mengejar selisih antara kedua tim menjadi 6 poin saja. Di babak kedua ini tuan rumah diuntungkan dengan gangguan cedera punggung yang diderita Kyrie Irving sehingga mengurangi daya gedor Cavaliers di bawah ring. Tetapi permainan berjalan sangat ketat saat shooting guard Cleveland, JR Smith, tampil luarbiasa dengan tembakan tiga angka dengan memasukkan lima three poin shot dari lima percobaan sehingga membuat sang juara bertahan menguasai kuarter ketiga 33-27.

Kuarter keempat menjadi uji kesabaran antara kedua tim dalam memanfaatkan waktu permainan, tetapi permainan pick and roll dari Kevin Durant dan Andre Iguodala sempat memaksa Cavaliers melakukan turnovers karena harus berpacu dengan waktu. Durant yang total menyumbangkan 39 poin, 7 rebound, dan 5 assits kembali menunjukkan peran vitalnya baik lewat aksi tembakan tiga angka maupun assist-nya. Sementara Iguodala yang datang dari bench bermain cemerlang dengan sumbangan 20 poin.

Menurut catatan Elias Sports Bureau (via ESPN Stats & Info), Durant menjadi pemain pertama sejak Shaquille O’Neal di final NBA tahun 2000 yang mencatat lima penampilan di final dengan torehan 30 poin berturut-turut dalam perebutan gelar juara. Penampilan forward yang dibeli Golden State dari Oklahoma City Thunder itu membuatnya terpilih sebagai Most Valueable Player dalam final NBA 2017 kali ini, mengalahkan LeBron James.

Kevin Durant yang meraih cincin juara NBA pertamanya di musim pertamanya bersama Warriors menjadi pembelian efektif Steve Kerr untuk menuntaskan misi mereka menjadi juara NBA sekaligus membalas kekalahan atas Cleveland musim lalu. Kemenangan ini juga menjadi balas dendam sempurna bagi KD yang dulu dikalahkan ‘King James’ saat Miami Heat mematahkan perlawanan OKC Thunder dan menjadi juara musim 2012.

Warriors yang menjadi juara tahun 2015 dalam trilogi pertama menutup skor 4-2 atas Cavaliers. Semusim berikutnya Cleveland membalasnya dengan skor 4-3, dan tahun ini Warriors akhirnya berhasil menutup trilogi terakhir pertemuan mereka dengan skor 4-1 dan sukses meraih gelar keempatnya. (GP)