Sukses Besar, Pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-39

Sukses Besar, Pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-39

Pesta Kesenian Bali (PKB) 2017 mendulang sukses. (Dok. Kementerian Pariwisata)

SHNet, Denpasar – Pesta Kesenian Bali (PKB) 2017 mendulang sukses. Sukses penyelenggaraan, sukses menyedot perhatian publik, dan sukses menghebohkan media sosial. Namanya langsung beken di dunia maya lantaran sejak pukul 08.00 WITA, PestaKesenianBali dan #yuknontonpkb masuk trending topic nomor 1 dan 2 Indonesia. Dua-duanya on di daftar trending Twitter hingga 13 jam.

Sebelumnya, pre event nya, juga sukses meluncurkan hastag #PKB2017. Pembukaan Pesta Kesenian paling heboh, paling lama, paling konsisten selama 39 tahun di Bali itu juga keren. Baik wisman, wisnus, berkumpul di Jl. Puputan, Renon, Denpasar itu sejak siang hingga parade kebudayaan terakhir. Tidak beranjak dari tempatnya.

Cuitan dan postingan komentar, foto dan video tak henti-hentinya “menghajar’ lini masa Twitter, Facebook dan Instagram. Dari mulai Aceh, Jabar, Jateng, Jogjakarta, Jatim, Lombok, Kalimantan hingga Sulawesi, kompak bercuit tentang cultural event di Bali yang mempesona. Semua kompak mempromosikan destinasi terbaik dunia 2017 versi TripAdvisor lewat hashtag. #yuknontonpkb dan #pestakesenianbali di waktu yang sama. Hingga Sabtu malam (10/6), #pestakesenianbali tak tergusur dari posisi pertama dalam daftar trending topic Twitter se-Indonesia. Bahkan #yuknontonpkb selalu setia menguntit di posisi dua trending topic nasional.

“Dari jauh, kami bangga banyak netizen yang berpartisipasi mempromosikan even budaya internasional di Bali lewat dunia maya. Ternyata responnya sangat dahsyat. Lebih dari 13 jam #pestakesenianbali dan #yuknonontonpkb ada di urutan nomor satu dan dua trending topic nasional,” ucap Shafigh Pahlevi Lontoh, koordinator Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jateng, Sabtu (10/6).

Selama sepekan terakhir, masyarakat memang sudah dibuat penasaran oleh Pesta Kesenian Bali 2017. Seperti apa sih acaranya? Bagaimana sih kehebohannya? Rutenya? Pengisi acaranya? Mengapa juga 5 negara lain mau ikut serta di karnaval budaya Akbar ini? Semuanya diulas komplit hingga berangle-angle lewat news yang dipublikasikan melalui own media, dan juga dititipkan ke media-media besar nasional.

Foto-foto menarik, yang mengandung human interest tinggi juga tak henti-hentinya ditayangkan media-media nasional. Sementara komunitasnya, ikutan nimbrung mempublikasikan lewat media sosial.

Hasilnya? Pesta Kesenian Bali langsung nge-hits. Wisnus dan wisman yang jumlahnya mencapai puluhan ribu orang di siang hari dan puluhan ribu lainnya saat malam hari, langsung merangsek masuk ke Lapangan Renon yang menjadi lokasi acara.

“Kekuatan kreativitas kalau dirancang serius seperti tadi hasilnya pasti dahsyat. Kemenangan itu harus direncanakan,” jelas Menteri Pariwisata Arief Yahya. Wisatawan dari Jepang, Eropa, Amerika dan Australia mau bersusah payah ke Indonesia hanya untuk menyaksikan GMT yang hanya berlangsung 2-3 menit,” jelasnya.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang melepas pawai PKB 2017 juga ikut buka suara. Menurutnya, Bali boleh maju, masyarakat Bali boleh semakin modern, tetapi tidak boleh meninggalkan jati dirinya berupa adat istiadat, budaya dan keyakinan. “Dengan demikian, pembangunan industri pariwisata bukan hanya untuk meningkatkan partisipasi usaha lokal, dalam industri pariwisata nasional seperti yang dicanangkan oleh Menteri Pariwisata,” ungkapnya. (Stevani Elisabeth)