Saya Indonesia, Saya Pancasila, Rayakan Keberagaman!

Saya Indonesia, Saya Pancasila, Rayakan Keberagaman!

SHNet, JAKARTA – Semangat Pancasila kembali digaungkan di tengah sejumlah konflik sosial dan menguatnya politik identitas bangsa. Khazanah kebhinekaan bangsa Indonesia perlu diteguhkan kembali untuk merajut keberagaman kita yang nyaris terkoyak.

Melihat situasi yang berkembang akhir-akhir ini, berbagai kalangan menyerukan pentingnya kita kembali kepada jati diri bangsa Indonesia yakni Pancasila.

Indah Indra Razak, Ketua Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi yang baru saja dilantik menyampaikan, “Saat ini, ditengah situasi banyaknya problem yang dialami bangsa, sebenarnya ada dua kekuatan (musuh) sekaligus yang memiliki andil besar mengoyak keutuhan NKRI kita.”

Pertama, populisme kanan yang selalu getol menebarkan politik isu SARA yang juga memunculkan kelompok yang menginginkan perubahan terhadap dasar negara.

“Saya kira ini akan sangat membahayakan karena akan melemahkan semangat persatuan kita,” lanjut Indah.

Kedua, sistem neoliberal yang semakin menggurita. Sistem ini selalu berhasil menyelinap disetiap paket kebijakan politik ekonomi kita sehingga memunculkan ketimpangan dan kemiskinan yang tidak berkesudahan.

“Untuk menghadapi dua kekuatan ini, tidak ada alternatif lain. Kita harus kembali pada landasan kenegaraan kita, yaitu PANCASILA,” tegasnya.

Setelah melalui perjalanan sejarah panjang dan kajian mendalam, akhirnya tanggal 1 Juni ditetapkan libur nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 dan diumumkan oleh Presiden Joko Widodo di Gedung Merdeka Bandung, Jawa Barat pada tanggal 1 Juni 2016.

Presiden Joko Widodo menyampaikan melalui video yang diunggah bahwa tema peringatan Hari Lahirnya Pancasila tahun 2017 adalah: Saya Indonesia, Saya Pancasila!

Peringatan Hari Pancasila tahun ini akan disemarakkan dengan berbagai rangkaian kegiatan yang dirangkum sebagai ‘Pekan Pancasila’ yang akan digelar mulai tanggal 29 Mei 2017 sampai 4 Juni 2017.

Menurut Bey Mahmudin, Kepala Biro Pres, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Pekan Pancasila ini bertujuan untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila. Selain itu untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila, sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara (31/5/2017).

Dalam Pekan Pancasila ini, pemerintah akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengkampanyekan program tersebut. Kerja sama tersebut antara lain berupa penayangan iklan layanan masyarakat di stasiun-stasiun televisi dan bioskop, program talkshow dan musik di berbagai stasiun radio, penerbitan dan pendistribusian buku, serta program lainnya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2017 dipusatkan di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jl. Pejambon, Jakarta Pusat. Presiden Joko Widodo akan menjadi Inspektur Upacara. Selain itu, penyelengaraan Upacara Bendera juga dilaksanakan di setiap kantor instansi pemerintah baik pusat, daerah, maupun kantor perwakilan Indonesia di luar negeri.

Pekan Pancasila juga dimaksimalkan di berbagai jejaring sosial dengan pendistribuan tanda pagar ( tagar) dan logo untuk media sosial bisa menggunakan #PekanPancasila, #SayaPancasila, #PancasilaReborn, #KenalPancasila #PancasilaPunyaKita,#PancasilaSatu,#Pancasila2017. (*SR)