Kalahkan Kroasia, Islandia Panaskan Grup I

Kalahkan Kroasia, Islandia Panaskan Grup I

Ragnar Sigurdsson dan Rurik Gislason berlari menyambut Hoerdur Magnusson untuk merayakan gol kemenangan Islandia atas Kroasia / fifa.com

SHNet, Reykjavík – Islandia kembali membuat kejutan dengan mencetak kemenangan penting dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018, Senin (12/6) WIB. Bermain di stadion kebanggaan mereka, Laugardalsvoellur, tim berjuluk Strákarnir okkar (Our boys) itu mengandaskan perlawanan Kroasia 1-0 lewat gol Hoerdur Magnusson di akhir pertandingan.

Krosia sebenarnya lebih diunggulkan memenangkan pertandingan ini tetapi Islandia mampu menunjukkan bahwa bahwa keberhasilan mereka di EURO 2016 dengan mengalahkan Austria dan Inggris bukanlah kebetulan belaka. Negara dengan populasi penduduk 330.000 jiwa tersebut membuat sensasi dengan lolos ke babak perempat-final kejuaraan Eropa tahun lalu di kesempatan pertama mereka berkiprah di putaran final turnamen besar yang diselenggarakan FIFA.

Armada Ante Cacic harus bekerja keras membongkar pertahanan rapat Islandia yang dikomandoi Kari Arnason di lini belakang. Nikola Kalinic dan penggantinya Marcelo Brozovic beberapa kali memiliki peluang namun selalu kandas di depan gawang Hannes Thor Halldorsson, sampai Islandia akhirnya keluar menyerang di akhir pertandingan. Sebuah tendangan sepak pojok gagal diambil oleh Hoerdur Magnusson dengan kepalanya tapi bola yang meleset masih mengenai badan bek kiri tersebut. Peluang tersebut merupakan  shot on target ketiga yang mengarah ke gawang lawan dari semua kreasi serangan tuan rumah.

Bola yang mengenai bahu Magnusson berhasil menjebol gawang Lovre Kalinic di menit 90 langsung disambut euforia pendukung tuan rumah yang memadati stadion Laugardalsvoellur, sebab dengan hasil ini pasukan Heimir Hallgrimsson sama-sama mengoleksi poin yang sama dengan Kroasia untuk berada di puncak klasemen Grup I. Islandia dan Kroasia mengumpulkan nilai 13 dari 6 pertandingan, namun ‘Vatreni’ memiliki selisih gol yang lebih baik.

Persaingan di grup ini semakin panas dengan keberhasilan Turki menundukkan tuan rumah Kosovo 4-1 serta Ukraina yang mempecundangi Finlandia 1-2 di kota Tampere sehari sebelumnya. Turki dan Ukraina berada di posisi ketiga dan keempat dengan sama-sama mengumpilkan poin 11.

Juara di masing-masing grup akan langsung lolos ke putaran final di Rusia tahun depan, sementara delapan runner-up terbaik dari sembilan grup yang ada akan menjalani babak play-offs. (GP)