Gubernur NTT Ingatkan Masyarakat Tidak Melakukan Persekusi

Gubernur NTT Ingatkan Masyarakat Tidak Melakukan Persekusi

Frans Lebu Raya

SHNet, KUPANG-Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya menegaskan kepada seluruh masyarakat di daerah itu untuk tidak melakukan persekusi seperti di daerah lainnya. Masyarakat diingatkan untuk tidak ikut-ikutan orang atau kelompok tertentu yang main hakim sendiri menghakimi orang lain.

“Saya mita seluruh masyarakat di NTT tidak boleh ada aksi persekusi di sini, kita tidak usah ikut-ikutan orang yang main hakim sendiri menghakimi orang. Jika terjadi persoalan maka masayarakat silahkan melaporkan atau menyerahkan kepada aparat penegak hukum selaku pihak yang berwenang untuk diproses secara hukum,” katanya di Kupang, Kamis (8/6).

Lebu Raua menghimbau jadilah masyarakat yang beradab. Karena orang yang beradab itu tentu menghormati dan menjaga orang lain. Tidak ada artinya jika memaki-maki apalagi mengintimidasi secara fisik orang lain. Aksi persekusi yang belakangan muncul di daerah lain itu banyak yang bermula dari persoalan-persoalan di media sosial.

Karena itu, masyarakat di NTT diminta agar selalu berhati-hati dan tidak menyebarkan informasi yang menyinggung apalagi menghina orang maupun unsur suku, agama, ras, dan antarglolongan (SARA). Maraknya perkembangan media sosial saat ini baik adanya karena merupakan bagian dari perkembangan kecanggihan teknologi yang mempermudah orang-orang bisa berkomunikasi dengan mudah dan lancar.

“Namun, pemanfaatan media sosial tidak boleh untuk memprovokasi, merendahkan atau melecehkan SARA tertentu. Saling menghormati dan menghargai perbedaan satu dengan yang lain itu sangat penting demi menjaga keutuhan daerah ini maupun NKRI,” kata Lebu Raya.(Dis Amalo)