Tanoto Foundation: Beasiswa Bagi Calon Pemimpin Pedesaan

SHNet, Jakarta – Figur pemimpin di wilayah pedesaan sangat penting dalam pergerakan dan pemberdayaan masyarakat desa. Pemimpin di wilayah pedesaan juga berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas pelayanan yang disediakan pemerintah, mengembangkan berbagai cara menggali dan memanfaatkan dan manajemen sumber daya untuk pembangunan dan mengembangkan berbagai kegiatan yang sesuai dengan kultur budaya masyarakat setempat.

Dalam rangka mendidik calon pemimpin dari wilayah pedesaan yang berkomitmen membangun daerahnya, Tanoto Foundation menyelenggarakan Program Regional Champion Scholarship. Kegiatan ini telah diselenggarakan sejak tahun 2011 dengan melibatkan 28 universitas mitra baik negeri maupun swasta, antara lain: Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, Universitas HKBP Nommensen, Universitas Indonesia, Universitas Islam Sumatera Utara, dll.

Para peserta dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang berminat dan bersedia mengikuti program ini diminta mengikuti serangkaian acara seleksi dan wawancara. Tahun ini, Tanoto Foundation juga telah mengumumkan para peserta yang berhasil lulus seleksi wawancara Program Regional Champion Scholarship Tanoto Foundation tahun 2017.

Berdasarkan hasil seleksi wawancara yang telah dilaksanakan di wilayah Provinsi Sumatera Utara, Riau dan Jambi pada bulan Maret 2017 terdapat 40 peserta  yang dinyatakan lulus seleksi wawancara. Antara lain,12 peserta dari SMU wilayah Provinsi Riau,10 peserta dari SMU wilayah Provinsi Jambi dan 18 peserta dari SMU wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Peserta yang lulus seleksi wawancara akan dinyatakan resmi sebagai Penerima Beasiswa setelah terbukti diterima di bidang studi yang sesuai dengan persyaratan Program Regional Champion Scholarship pada Perguruan Tinggi yang bermitra dengan Tanoto Foundation.

Beasiswa Tanoto Foundation ini diberikan bagi murid dan mahasiswa berprestasi yang memiliki kendala perekonomian untuk dapat memperoleh pendidikan berkualitas. Beasiswa Tanoto Foundation bertujuan untuk mencetak pemimpin masa depan yang berkarakter kuat, cakap dan tangguh.

Selain mendapatkan uang sekolah dan uang saku, penerima beasiswa Tanoto Foundation atau Tanoto Scholars juga didukung melalui berbagai hal. Antara lain: pelatihan dalam pengembangan kapasitas soft skills, kesempatan magang di perusahaan swasta, mengikuti Tanoto Scholars Association dan didorong untuk mengasah kepedulian sosial mereka melalui berbagai kegiatan sosial di lingkungannya, mengikuti kegiatan tahunan Tanoto Scholars Gathering yang memungkinkan Tanoto Scholars melihat langsung berbagai praktik bisnis yang berkelanjutan serta mengembangkan jejaring mereka serta konseling jika nilai akademis tidak memenuhi persyaratan sebagai penerima beasiswa. (SR)