NTT Akan Bangun Monumen Garuda Pancasila

NTT Akan Bangun Monumen Garuda Pancasila

Frans Lebu Raya

SHNet, KUPANG-Pemerintah dan masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) akan segera membangun Monumen Garuda Pancasila di Keluraha Kupang Barat, Kabupaten Kupang. Lokasi monumen itu berada di atas ketinggian dan akan dibangun menghadap ke laut. Dibangunnya monumen tersebut untuk mengingatkan masyarakat tentang nilai-nilai ideologi Pancasila.

“Diharapkan di tahun 2018 pembangunan sudah dimulai dan rampung di tahun yang sama. Pembangunan monumen itu untuk mengingatkan masyarakat tentang arti pentingnya nilai-nilai dan ideologi Pancasila,” kata Gubernur NTT Frans Lebu Raya di Kupang, Kamis (18/5).

Menurut Lebu Raya, pembangunan monumen tersebut juga untuk mempertegas citra NTT sebagai daerah dengan toleransi antarumat beragama terbaik di tanah air. Gagasan pembangunan monumen itu, lahir dari anak-anak NTT. Hal ini sekaligus menjadi contoh bagi daerah lain bagaimana hubungan antarwarga dan etnis di NTT yang hidup rukun dan damai.

Monumen Garuda Pancasila itu akan menjadi obyek wisata baru bagi warga NTT. Sebelumnya sudah ada penyerahan tanah gratis dari seorang warga setempat bernama Theo Widodo seluas 5.000 meter persegi untuk lokasi pembangunan monumen tersebut. Sementara untuk anggaran, masih direncanakan, termasuk berapa jumlahnya dan sumber pendanaan.

“Saat orang melihat monumen ini, maka dia langsung berpikir dan mengingat bahwa ada Pancasila yang harus terus-menerus kita jaga. Nilai-nilai dan ideologi Pancasila itu jangan dilupakan,” kata Lebu Raya.(Dis Amalo)